Peningkatan Peningkatan Prestasi Belajar Pkn Dengan Model Cooperative Learning Menggunakan Media Stik Berjalan Kelas III SD

  • Edi Pramono DINAS PENDIDIKAN KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA
Keywords: belajar, PKn, cooperative learning, media, stik

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini yaitu cara meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan model Cooperative Learning menggunakan media stik berjalan. Tujuan penelitian adalah meningkatkan aktivitas siswa dan guru, meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran Cooperative Learning dengan media stik berjalan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Subyek penelitian ini berjumlah 28 siswa kelas III SD Negeri 033 Rama - rama Petapahan. Instrumen pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Learning dengan media stik berjalan dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas III SD Negeri 033 Rama - rama Petapahan. Maka pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) menggunakan Cooperative Learning dengan media stik berjalan pada siswa kelas III SD Negeri 033 Rama - rama Petapahan  dapat meningkatkan aktivitas siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2009.
[2] Aqib, Zainal. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Yrama Widya. 2009.
[3] Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Standar Isi Pendidikan Kewarganegaraan SD/MI. Jakarta: Depdinas. 2006.
[4] Daryanto. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media Yogyakarta. 2008.
[5] Djono, dkk. Bimbingan dan Konseling Belajar. Surakarta: FKIP-UNS. 2001.
[6] Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2008.
[7] Isjoni. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2011.
[8] Iqbal, Hasan. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2004.
[9] Montarcih, Lily. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Surabaya: Universitas Negeri Malang. 2009.
[10] Muhibbin, Syah. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya. 2005.
[11] Nurhadi, Yasin B dan Senduk, AG. Pembelajaran Kontekstual (CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Surabaya: Universitas Negeri Malang. 2004.
[12] Poerwadarminta, W. J. S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 1998.
[13] Poerwati, E. dkk. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. 2008.
[14] Ridwan. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta. 2005.
[15] Silberman, Melvin L. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia. 2006.
[16] Slameto. Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. 2003.
Published
2022-11-30
Abstract views: 64 ,