PENGGUNAAN ALAT PERAGA ASLI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDN 010 PULAU TERAP

Indonesia

  • elianis SD Negeri 10 Pulau Terap
Keywords: Hasil belajar Matematika, Alat peraga asli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan menggunakan benda asli pada siswa kelas IV SD Negeri 010 Pulau Terap Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Aspek yang diamati pada tiap siklus adalah   aktivitas siswa dan guru, serta proses pembelajaran materi pokok pecahan menggunakan alat peraga asli. Subjek penelitian berjumlah 15 siswa yang terdiri atas 6 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Hasil penelitian kemampuan siswa dalam materi pokok pecahan, setiap siklus mengalami peningkatan. Siklus I, nilai rata-rata siswa 53,80 dengan persentase ketuntasan 13,33%, siswa yang mencapai KKM 2 siswa. Siklus II, nilai rata-rata siswa 67,53 dengan persentase ketuntasan 66,67%, siswa yang mencapai KKM 10 siswa. Siklus III, nilai rata-rata siswa 77,33 dengan persentase ketuntasan 86,67%, siswa yang mencapai KKM 13 siswa. Dari ketiga siklus yang diterapkan, terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam materi pokok pecahan. Peningkatan nilai rata- rata dari siklus I ke siklus II 13,73, peningkatan persentasenya 53,33%, dan peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM 8 siswa. Peningkatan nilai rata-rata dari siklus II ke siklus III 9,80, peningkatan persentasenya 20%, dan peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM 3 siswa. Berdasarkan indikator keberhasilan pada siklus III, bahwa alat peraga benda asli yang diterapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam materi pokok pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri 010 Pulau Terap Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib, Z. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Yiama Widya.
Arikunto, S. 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prktik. Jakarta: Rineka cipta.
Depdiknas. 2003. Tentang Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Matematika.
Diens. 2018. Teori Belajar Permainan Dienes dalam Pembelajaran Matematika, http://www.masbied.com/2010/03/20/teori-belajar-permainan-dienes- dalam pembelajaran-matematika/ , diakses tanggal : 26 maret 2018.
Djamarah. 2005. Pengukuran Skala Sika. Bandung: Angkasa. Hamalik, Oe.1997. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
----------------.2004, Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Hamzah, S. 1985. Media Audio Visual. Jakarta: Gramedia.
Iswadji, D. 2003. Pengembangan Media Alat Peraga Pembelajaran Matematika di SLT. makalah tidak dipublikasikan.
Nasution, N. (2003). Pendidikan Matematika di SD Modul 1-6. Jakarta: Universitas Terbuka.
Peaget. 1979. How children learn mathematics. Second Edition http://books.google.co.id/books/about/How_children_learn_mathematics.h iakses tanggal: 26 Oktober 2019.
Rohadi, A. 2003. Media Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional.
Romzah, F. 2006. Penggunaan Alat Peraga Pada Pengajaran Matematika Pokok Bahasa Pecahan Kelas IV SD. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Rusffendi, E.T. 1989. Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sardiman. 2004. Interaksi dan Motifasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiarto. 1990. Teori-tori Pembelajaran Kognitif dan Proses Pembelajaran yang Relevan untuk Pembelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas.
Usman, M.B dan Asnawir. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers
Usman, U. 2002.Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Usman, W. 1986. Matematika Manajemen II. Karunika, Jakarta : Universitas Terbuka,.
Published
2021-08-31
Abstract views: 88 ,