Analisis Penetapan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT di PT. Pandawa Satria Nusantara

  • Rozar Rayendra Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Riau
  • Muhammad Qurthuby Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Riau
  • Mutiah Humairah Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Riau
  • Satriardi Satriardi Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: SWOT, Strategi Pemasaran, IFAS, EFAS, Kuesioner

Abstract

Strategi pemasaran digunakan untuk mengidentifikasi kelompok pelanggan yang memiliki kebutuhan dengan mengikuti era industri 4.0. PT. Pandawa Satria Nusantara Pekanbaru bergerak di bidang jasa layanan keamanan ingin menetapkan strategi pemasaran yang tepat. Strategi ini diperlukan karena banyaknya proposal penolakan yang diajukan ke pengguna dikarenakan pemutusan kontrak kerja yang secara sepihak dan terdapat persaingan yang memiliki brand lebih besar. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi untuk mengidentifikasi faktor SWOT dan melakukan penyebaran kuesioner kepada 18 responden. Pengolahan data menggunakan metode IFAS dan EFAS untuk mengetahui pengaruh hubungan antar faktor. Hasil dari penelitian ini adalah analisis SWOT pada kuadran satu yang merupakan strategi yang agresif. Strategi ini menggunakan strengths dengan memanfaatkan opportunities yang ada (SO). Strategi ini terdapat 5 alternatif solusi temtamg kualitas SDM, peralatan yang lengkap, kualitas pelayanan, jaminan kontrak Kerjasama dan pelatihan kemampuan keamanan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Z. Abiddin, I. Mas’udin, and D. M. Utama, “Pemilihan Strategi Pemasaran dengan Metode SWOT Dan TOPSIS,” J. Tek. Ind., vol. 18, no. 1, pp. 55–67, 2017, doi: 10.22219/jtiumm.vol18.no1.55-67.

Haerawan and Y. H. Magang, “Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Alat Rumah Tangga di PT Impressindo Karya Steel Jakarta-Pusat,” Ilm. Manaj. Bisnis, vol. 5, no. 2, pp. 175–189, 2019.

Endarwita, “Strategi Pengembangan Objek Wisata Linjuang melalui Pendekatan Analisis SWOT,” J. Ilm. Edunomika, vol. 5, no. 1, pp. 641–652, 2021, doi: 10.29040/jie.v5i1.2133.

M. Hayati, S. Mahdevari, and K. Barani, “An Improved MADM-Based SWOT Analysis for Strategic Planning in Dimension Stones Industry,” Resour. Policy, vol. 80, no. June 2022, p. 103287, 2023, doi: 10.1016/j.resourpol.2022.103287.

P. B. Mutiara, “Analisis Matriks Ifas Dan Efas Pt Unilever Tbk Pada Pandemik Covid-19,” J. Bina Bangsa Ekon., vol. 14, no. 2, pp. 363–371, 2021, doi: 10.46306/jbbe.v14i2.90.

A. K. Sahu, N. K. Sahu, and A. K. Sahu, “Laminating STRATH Block Chain Technology- SWOT Architectures to Endure Business Strategy between Digital Transformation, Firms and Supply Chains Capabilities for Sustainability,” J. Clean. Prod., vol. 383, no. December 2022, p. 135531, 2023, doi: 10.1016/j.jclepro.2022.135531.

A. Syahza, Metodologi Penelitian, Revisi. Pekanbaru: UR Press Pekanbaru, 2021.

C. Chairunnissa, Metode Penelitian Ilmiah Aplikasi Dalam Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2017.

A. A. Yaqin, “Analisis Swot Dalam Strategi Pengembangan Usaha Kerupuk Rumahan Di UD. Sumber Abadi Tanggulangin,” JISO J. Ind. Syst. Optim., vol. 4, no. 2, p. 81, 2021, doi: 10.51804/jiso.v4i2.81-87.

Published
2023-12-26
How to Cite
Rozar Rayendra, Muhammad Qurthuby, Mutiah Humairah, & Satriardi, S. (2023). Analisis Penetapan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT di PT. Pandawa Satria Nusantara . Jurnal Surya Teknika, 10(2), 866-874. https://doi.org/10.37859/jst.v10i2.6429
Abstract views: 64 , *.pdf downloads: 94