Analisis Keputusan Pemilihan Supplier di PT Lutvindo Wijaya Perkasa Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

  • Satriardi Satriardi Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Riau
  • Ramot Jodika Siadari Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Analytical Hierarchy Proces, Aspal Curah, kuesioner, Supplier

Abstract

Pada pembuatan aspal di PT Lutvindo Wijaya Perkasa tentunya memiliki beberapa bahan baku utama dan salah satunya adalah aspal curah yang diperoleh dari pembelian lokal. untuk kelancaran produksi Pemilihan supplier harus tepat dan perlu diperhatikan oleh perusahaan untuk segala kelancaran proses jadwal produksinya. Saat ini penilaian supplier yang dilakukan PT. Lutvindo Wijaya selama ini bersifat subyektif dan belum menerapkan kriteria-kriteria yang menjadi tolak ukur penilaian, sehingga penilaian belum mendapat hasil yang optimal. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membantu perusahaan dalam penentuan supplier terbaik dengan menentukan kriteria-kriteria yang sesuai dengan proses sistem berjalan. Penerapan spk dalam penelitian ini dengan metode Analytical Hierarchy Process, karena hasil yang didapatkan berupa rangking urutan alternatif dari hasil perhitungan berdasarkan kriteria dan sub kriteria dalam pengambilan keputusan. Memperoleh data yang dibutuhkan melalui metode pengumpulan data seperti pengamatan langsung terhadap proses evaluasi, wawancara, serta menggunakan data kuesioner dengan populasi wilayah general pada PT. Lutvindo Wijaya Perkasa. Dari proses pengolahan data diperoleh beberapa kriteria pemilihan yaitu kualitas, persediaan, harga dan pengiriman dan  juga beberapa alternatif perusahaan yaitu PT. Multi Trading Utama, PT Toba Gena Utama, PT Hasrat Tata Jaya dan PT Rabana Aspalindo . Hasil dari perhitungan didapatkan bahwa Supplier PT. Multi Trading Pratama merupakan supplier aspal curah yang terbaik untuk PT. Lutvindo Wijaya Perkasa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar R. Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: SUKA-Press; 2021. 129

Komsiyah, S. (2014). Aplikasi Analytical Hierarchy Process (AHP) pada Pemilihan Software Manajemen Proyek. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 870–878

Na’am J. Sebuah Tinjauan Penggunaan Metode Analythic Hierarchy Process (AHP) dalam Sistem Penunjang Keputusan (SPK) pada Jurnal Berbahasa Indonesia. J Mediasisfo. 2017;11(1978– 8126):888–95.

Jadiaman Parhusip. Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada Desain Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Di Kota Palangka Raya. J Teknol Inf J Keilmuan dan Apl Bid Tek Inform. 2019;13(2):18– 29.

Ningsih, R Penentuan Pemilihan Supplier Bahan Baku Oli BS150 Menggunakan Analytical Hyerarchy Process 2016

Ruskan EL. Kolaborasi Metode Saw Dan Ahp Untuk Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Asisten Laboratorium. JSI J Sist Inf. 2017;9(1):1204–15.

Saaty, T. L. (2008). Decision Making with the Analytic Hierarchy Process. Int. J. Services Sciences, 83-98.

Sonata, Yance & Meri Azmi. (2010). Penerapan Metode AHP dalam Menentukan Mahasiswa Berprestasi. POLI REKAYASA, 128-136

Syaifullah. (2010). Pengenalan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process)

Wirdianto, 2008, Pemilihan Kriteria Supplier dengan menggunakan pendekatan metode AHP di Apotik Doa Sehat, Jakarta.

Published
2023-06-26
How to Cite
Satriardi, S., & Jodika Siadari, R. (2023). Analisis Keputusan Pemilihan Supplier di PT Lutvindo Wijaya Perkasa Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Jurnal Surya Teknika, 10(1), 657-661. https://doi.org/10.37859/jst.v10i1.4951
Abstract views: 177 , *.pdf downloads: 177

Most read articles by the same author(s)