Sistem Pengendalian Panas Rem Tromol dengan Water Cooller sebagai Solusi Losse Brake pada Truck

  • Jusnita Universitas Muhammadiyah Riau
  • Dwi Annisa Fithry
  • Veny Selviyanty
Keywords: drum brake, brake lining, water cooler brake, temperature

Abstract

Salah satu penyebab blongnya rem adalah suhu pada rem yang melebihi batas maksimalnya, sehingga terjadi penurunan daya pengereman pada kampas rem. Tujuannya untuk mendapatkan temperatur kerja rem tromol. Metode yang digunakan adalah metode Research and Development. Hasil penelitian didapat temperatur rem sangat cepat mengalami peningkatan ketika suhunya dibawah 100oC dan ketika berada diatas 100oC peningkatan suhunya menurun. Rata-rata peningkatan temperatur rem tromol mulai dari 0,16oC/detik hingga mencapai 0,58oC/detik tergantung temperatur kerjanya. Penurunan temperatur rem ketika rem tidak ditekan didapatkan hasil bahwa rem sangat lambat turun temperaturnya. Pengujian rem membutuhkan waktu 22 menit untuk menurunkan temperatur 129,3oCmenjadi 83,9oC, tetapi ketika temperatur kerja rem berada diatas 200oC maka penurunannya juga sangat cepat. Disimpulkan bahwa saat melakukan pengereman, temperatur pada tromol water cooler brake lebih rendah dibandingkan tromol standard hingga 30%. Perbedaan temperatur antara tromol standard dan tromol water cooler brake semakin jauh selisihnya ketika temperatur kerja rem diatas 100oC.

Downloads

Download data is not yet available.

References

https://www.bps.go.id, Hasil Sensus BPS: Jumlah Kendaraan Bermotor di Indonesia Tembus 133 Juta Unit

https://www.kompas. Polri Catat Angka Kecelakaan Lalu Lintas Naik 31 Persen Sepanjang 2021

S.I. Nyoman dan S. Bambang. 2010. Teknologi Otomotif. Edisi kedua. Surabaya: Penerbit Guna Widya.

Sukamto dan A.J. Bardi. Analisis Perpindahan Panas Kampas Rem pada Sepeda Motor: Jurnal teknik vol.3 No.1, April 2013

D. Joni dan W. Andreas. Sistem Pendingin Paksa anti panas lebih (Over heating) pada rem cakram (disk brake) kendaraan: Jurnal teknik Mesin vol. 12,

Wanda, dkk, (2021). Analisis Thermal Pada Solid dan Ventilated Disk Brake Pada Mobil Hemat Energi Pagaruyuang Team UNP, vol 7 No. 1, April

Mohammad Adhitya, dkk (2020) Experimental Analysis In The Test Rig To Detect Temperature At The Surface Disc Brake Rotor Using Rubbing Thermocouple, Eastern-European Journal of Enterprise Technologies ISSN 1729-3774

Afnison, W., Maksum, H., & Hidayat, N. (2020). The Effect of Vibration Energy Harvester Mechanism Toward the Shock Absorber Efficiency. Journal of Physics: Conference Series, 1594(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1594/1/012034

Fadhil, A., Maksum, H., & Afnison, W. (2020). Optimasi Electromagnetic Regenerative Shock Absorber (ERSA) Tipe Magnet Batang Alnico pada Suspensi Belakang Multi Purpose Vehicle (MPV). AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education, 1(1), 21–30. https://doi.org/10.24036/aeej.v1i1.3

Rolan Siregar, dkk (2020) Study the Brake Performance of a Passenger Car Based on the Temperature that Occurs in Each Brake Unit, AIP

[ Sumiyanto, dkk, 2019. Analisa Pengujian Gesek, Aus Dan Lentur Pada Kampas Rem Tromol Sepeda Motor, BINA TEKNIKA, Volume 15 Nomor 1, Edisi Juni 2019, 49-59

Dzikrullah, A. A., Qomaruddin, & Khabib, M, Analisa Gesekan Pengereman Hidrolis (Rem Cakram) dan Tromol Pada Kendaraan Roda Empat Dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga. SNATIF, 4, 2017

M.Fariz Anjasmara,dkk, 2015. Rancang Bangun Sistem Peringatan Suhu Pengereman Berbasis Mikrokontroller ATmega 16, Teknik Keselamatan Otomotif, Politeknik Keselamatan

Published
2022-12-30
How to Cite
Jusnita, Annisa Fithry, D., & Selviyanty, V. (2022). Sistem Pengendalian Panas Rem Tromol dengan Water Cooller sebagai Solusi Losse Brake pada Truck. Jurnal Surya Teknika, 9(2), 511-515. https://doi.org/10.37859/jst.v9i2.4333
Abstract views: 355 , *.pdf downloads: 432

Most read articles by the same author(s)