PELAKSANAAN PERJANJIAN ANTARA PENGUSAHA OLEH-OLEH PT. MEGA RASA DENGAN PENSUPLAI MAKANAN DI KOTA PEKANBARU

  • Shindy Veronicha Sella Universitas Islam Riau
Kata Kunci: Perjanjian, Konsinyiasi, Wanprestasi

Abstrak

Perkembangan roda perekonomian yang semakin maju memunculkan timbulnya berbagai macam inovasi bagi pelaku usaha. Sebagai penggerak roda perekonomian, pelaku usaha terus melakukan kegiatan yang bervariatif untuk mempromosikan kegiatan usaha yang menarik. Disisi lain, munculnya berbagai jenis perjanjian yang mengikat para pelaku usaha juga semakin beraneka ragam baik dalam jenis perjanjian bernama maupun perjanjian tidak bernama. Dalam kehidupan masyarakat, perjanjian tidak bernama semakin populer dilaksanakan, yaitu salah satunya adalah perjanjian konsinyasi. Artinya dalam pembuatan perjanjian ini para pihak diberikan kebebasan untuk menentukan sendiri isi perjanjian dengan memperhatikan kaidah hukum yang ada. Pelaksanaan perjanjian pada PT Mega Rasa dengan supplier secara umum telah memenuhi syarat yang tertera dalam pasal 1320 KUHPerdata, namun dalam pelaksanaannya terdapat kecacatan yang dilakukan salah satu pihak dalam hal ini adalah supplier dengan kasus keterlambatan dalam pengiriman barang dan terjadinya kecacatan pada barang yang dikirimkan saat sampai kepada PT Mega Rasa Pekanbaru. 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

1. Buku
Admiral, Kebebasan Berkontrak yang Berorientasi Pada Penyelesaian Sengketa di Luar Pengadilan, Jurnal Hukum Fakultas Hukum Universitas Islam Riau.
John Rawls, A Theory of Justice: Teori Keadilan Dasar-dasar, Filsafat Politik untuk Mewujudkan Kesejahteraan Sosial dalam Negara, Pustaka Pelajar, Jakarta, 2006.
Lukman Sentosa, Hukum Perjanjian Kontrak, Cakrawala, Yogyakarta, 2012.
M. Yahya Harahap, Segi-Segi Hukum Perjanjian, Alumni, Bandung, 1982.
Mariam Darus Badrulzaman, Perjanjian Baku (Standar) dan Perkembangannya di Indonesia, Alumni, Bandung, 1990.
Muhammad Syaifuddin, Hukum Kontrak- Memahami Kontrak dalam perspektif Filsafat, Teori, Dogmatik, dan Praktik Hukum (Seri Pengayaan Hukum Perikatan), CV Mandar Maju, Bandung, 2012.
R. Subekti, Aspek-aspek Hukum Perikatan Nasional, Alumni, Bandung, 1976.
Sudikno Mertokusumo, Penemuan Hukum, Liberty, Yogyakarta, 2009.
Thamrin, Perlindungan Hukum Tenaga Kerja Indonesia Cet. II, Alaf Riau Publishing, Pekanbaru, 2019.

2. Artikel Jurnal
A.A.A Ngr. Sri Rahayu Gorda, Tanggung Jawab Pihak Konsinyor yang Melakukan Wanprestasi dalam Perjanjian Konsinyasi Pada PT Down To Earth, Jurnal Analisis Hukum Undiksa Denpasar, Volume 1 No. 2. 2018.
Gunther Teubner, Substantive and Reflexsive Elements in Modern Law, Law and Social Review, Vol. 17 No. 2 dikutip oleh Teguh Prasetyo dan Abdul Halim Barkatullah, Filsafat, Teori, dan Ilmu Hukum, Raja Grafindo, Jakarta, 2012.

3. Peraturan Perundang-Undangan
Pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Kitab Undang-Undang Hukum Perdata
Diterbitkan
2022-06-01
Bagian
Articles
Abstrak views: 53 , PDF downloads: 24