KAJIAN FILOSOFIS TENTANG KONSEP TANGGUNG JAWAB TERBATAS PADA PERSEROAN PERORANGAN GUNA MEMBERIKAN PERLINDUNGAN HUKUM PADA UMKM

  • Rahmi Yuniarti UMRI
Kata Kunci: Hukum Perusahaan, UMKM, Tanggung Jawab Terbatas

Abstrak

Hadirnya perseroan perorangan merupakan suatu perkembangan baru dalam hukum perusahaan yang mana pada awalnya pendirian perseroan tidak terlepas dari perjanjian sebagai dasar pembentukannya, akan tetapi dengan kemunculan perseoran perorangan ini cukup memiliki perbedaan dasar aturan-aturan sebelumnya mengenai hukum perusahaan. Rumusan masalah pada tulisan ini adalah mengenai konsep tanggung jawab terbatas pada perseroan perorangan guna memberikan perlindungan hukum pada UMKM ditinjau dari sudut kajian filosofis. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk menemukan dan menguraikan konsep tanggung jawab terbatas pada Perseroan Perorangan menurut sudut kajian filosofis. Jenis penelitian    yang    digunakan    penulis dalam   penelitian   ini   adalah   bersifat penelitian  hukum  normatif. Konsep perseroan perorangan di Indonesia dengan tanggung jawab terbatas yang terdapat pada UU Cipta Kerja dengan tanggung jawab terbatas merupakan bentuk badan hukum yang memberikan perlindungan hukum kepada para pelaku usaha. Sejalan dengan doktrin corporate  separate legal  personality yang esensinya   bahwa   suatu   perusahaan,   dalam   hal   ini   perseroan,   mempunyai personalitas  atau  kepribadian  yang  berbeda  dari  orang  yang  menciptakannya

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

A. Buku
Abdulkadir Muhammad, Hukum dan Penelitian Hukum, PT Citra Aditya Bakti, Bandung, 2004.

Aulia Muthiah, Aspek Hukum Dagang dan pelaksanaannya di Indonesia, Pustakabarupress, Yogyakarta, 2016.

Elsi Kartika Sari dan Advendi Simanunsong, Hukum dalam Ekonomi, PT Grasindo, Jakarta, Cetakan ke-6 ,2017.

Janus Sidabalok, Hukum Perusahaan Analisis terhadap Pengaturan Peran Perusahaan dalam Pembangunan Ekonomi Nasional di Indonesia, Nuansa Ilmu, BandungBandung, 2012.

Mahmud Mulyadi dan Feri Antoni Surbakti, Politik Hukum Pidana Terhadap Kejahatan Korporasi, PT Softmedia, Medan, 2010.

Supanto, Kejahatan Ekonomi Global dan Kebijakan Hukum Pidana, PT Alumni, Bandung, 2010.

Tuti Rastuti, Seluk Beluk Perusahaan dan Hukum Perusahaan, PT Refika Aditama, Bandung, 2015.

Viswandro, Kamus Istilah Hukum (Sumber Rujukan Persitilahan Hukum), Pustaka Yustisia, Yogyakarta, 2014.

B. Peraturan Perundang-Undangan
Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas
Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja
Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2021 tentang Modal Dasar Perseroan serta pendaftaran pendirian, perubahan, dan pembubaran perseroan memalui kriteria usaha Mikro dan Kecil.

C. Sumber lain
www.sikapuangmu.ojk.go.id
www.jogja.kemenkumham.go.id
www.kemenkumham.go.id
www.ntt. kemenkumham.go.id
Rizha Claudilla Putri, Bentuk Hukum Perusahaan Persekutuan di Indonesia dan perbandingannya di Malaysia, https://jurnal.fh.unila.ac.id/index.php/cepalo, volume 4 Nomor 1, Januari-Juni 2020.
Diterbitkan
2022-06-01
Bagian
Articles
Abstrak views: 62 , PDF downloads: 65