ANALISA KANDUNGAN LOGAM BERAT DAN ION ASAM (NITRAT DAN SULFAT) DALAM AIR ISI ULANG DI PEKANBARU

  • Lazulva - Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau 28293, Indonesia.
  • Richa Elni Windri Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau 28293, Indonesia.
  • Melda - Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau 28293, Indonesia.
Keywords: logam, ambang, kesehatan, parameter

Abstract

Analisa kandungan logam berat pada air baku dan air isi ulang di daerah Panam, Tangkerang, dan Gobah, Pekanbaru telah dilakukan. Logam berat yang dianalisa adalah Fe dan Cu. Hasilnya menunjukkan bahwa kadar logam berat pada air baku dan air isi ulang realtif rendah dan masih sesuai dengan nilai ambang batas (NAB) syarat kualitas air minum yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI. Selain logam berat juga diukur parameter fisika dan kimia seperti suhu, warna dan pH, nitrat dan sulfat. Hasilnya menunjukkan parameter fisika masih sesuai dengan NAB yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Kesehatan. Untuk parameter kimia yaitu nitrat dan sulfat masih sesuai dengan NAB, namun untuk pH masih belum memenuhi syarat air minum karena pH air baku dan isi ulangnya dibawah standar yang telah ditentukan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2011-10-30
How to Cite
-, L., Windri, R. E., & -, M. (2011). ANALISA KANDUNGAN LOGAM BERAT DAN ION ASAM (NITRAT DAN SULFAT) DALAM AIR ISI ULANG DI PEKANBARU. Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 2(1), 27-30. https://doi.org/10.37859/jp.v2i1.123
Section
Chemistry Sciences
Abstract views: 297 , pdf (Bahasa Indonesia) downloads: 725