PENGARUH PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI I SUMBAR

  • Witri Ramadhani Universitas Muhammadiyah Riau
  • Fauzan Azim Universitas Muhammadiyah Riau
  • Hadi Purwanto Universitas Muhammadiyah Riau

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah model pembelajaran yang memotivasi siswa untuk bekerjasama dalam kelompok proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X TAV SMK Negeri 1 Sumbar Tahun Ajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel adalah purposive. Tes terdiri dari 27 item yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, pengujian hipotesis menggunakan t-test Polled Variance. Dari hasil penelitian, skor rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model Cooperative Learning tipe STAD adalah 81,17 sedangkan skor rata-rata hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran langsung adalah 74,85. Secara keseluruhan kelas eksperimen signifikan daripada kelas kontrol dengan persentase pengaruh 8,44% sehingga ada pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X teknik audio-video di SMK Negeri 1 Sumbar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Sadirman. 2012. Interaksi dan Motivasi. Jakarta: PT Raja Gafindo Persada.
[2] Slavin, RobertE. 2005. Cooperative Learning teori, riset, dan praktik, penerjemah Narulita Yusron.Bandung: Nusa Media.
[3] A.MuriYusuf. 2010. Metodelogi Penelitian.Padang: Universitas Negeri Padang.
[4] Sugiyono. 2013. Metode penelitian pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D).Bandung: Alfabeta.
[5] Sudjana. 2011. Penilaian hasil proses belajar mengajar.Bandung.Remaja Rosdakarya Offset.
Published
2020-01-26
Abstract views: 143 , PDF downloads: 62