PEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA BUKU KOMIK PADA MATERI SEJARAH DI SEKOLAH DASAR (Studi Kasus : SD Negeri 148 Pekanbaru)

  • Fitri Muliani

Abstract

Pendidikan adalah pilar yang berperan penting dalam kemajuan suatu bangsa. Dalam dunia pendidikan seiring dengan perkembangan zaman akan terus berkembang. Sumber daya manusia dituntut akan terus mengalami perubahan secara dinamis. Pendidikan harus mampu menyediakan output yang berkualitas. Pada SD Negeri 148 Pekanbaru menunjukan bahwa proses Pembelajaran pada Mata Pembelajaran IPS pada peserta didik  Kelas V metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah dimana guru hanya menjelaskan kepada peserta didik materi yang terdapat pada buku paket dan memberi latihan di Latihan Kerja Siswa (LKS). Karekteristik Peserta didik kelas V SD pada umumnya hanya bisa fokus 15 menit dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk membuat media pembelajaran berupa buku komik pokok bahasan Keberagaman suku bangsa dan budaya indonesia. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Lee dan Owens yaitu  ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil uji kelayakan media oleh ahli media masuk dalam kategori Baik dengan nilai kelayakan 4,13 dan presentase kualitas media 82,67 %. Hasil uji materi oleh ahli materi masuk dalam kategori Sangat Baik dengan nilai kelayakan 4,5 dan presentase kualitas materi 90%. Hasil uji coba lapangan kepada 30 orang peserta didik masuk kedalam kategori sangat baik dengan nilai kelayakan 4,78035714 dan presentase kualitas media pembelajaran game edukasi 88,71%. Maka media pembelajaran ini layak digunakan untuk  mendukung kegiatan belajar mengajar di berbagai sekolah dasar untuk hasil belajar peserta didik yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiningsih. (2015). Pengembangan Desain E-Komik Tematik Berbasis Pada Pendidikan Lingkungan Hidup Dengan Aplikasi Macromedia-Flash Untuk Kelas Permulaan Sekolah Dasar. Pancaran, 4(4), 177–194.
[2] Dhita Agoes Prihanto, T. N. H. Y. (2018). Pengembangan Media Komik Matematikapada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Maju, 5(1), 79–90.
[3] hermawan, Asep Heri, dkk. (2007). Media Pembelajaran Sekolah Dasar. (September), 3.
[4] Hidayah, N., & Ulva, R. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34–46.
[5] Jariah, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Materi Proses Pembekuan Darah Kelas XI MA Madani Pao-Pao Gowa.
[6] Jati, R. K. (2017). Perancangan Media Komik Webtoon Tentang Mata Pelajaran Sejarah (Ips) Kelas 5 Sd Dikota Jogja Designing Webtoon Comic About History Lesson (Social Studies) 5Th Grade in Jogja City. E-Proceeding of Art & Design, 4(3), 685–694.
[7] Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Jambi, U. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA KOMIK BIOLOGI ( Kombi ) PADA MATERI METABOLISME.
[8] Kudus, I. (2018). ANDROID UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI DITINGKAT SMA / MA. 1(1), 17–32.
[9] Kurniati, D. (2017). EfektifitasMedia Komik pada Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang untuk Siswa Kelas V SD Negeri 6I Kota Bengkulu. 1(1), 14–19.
[10] Lestari, R. D. W. I., Studi, P., Biologi, P., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Malang, U. M. (2018). PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP / MTs SKRIPSI PEMBELAJARAN DALAM MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP / MTs.
[11] Martina, K., Tegeh, I. M., Wayan, A. I., & Yuda, I. (2018). Pengembangan Media Strip Comic Dengan Model Addie Pada Mata Pelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sd Negeri 1 Sari Mekar. 9, 257–268.
[12] Nugraheni, N. (2017). Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 111–117. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587
[13] Pamuji, M. B. (2014). Pengembangan komik sebagai media pembelajaran biologi pada materi sistem saraf manusia untuk SMP/MTs kelas IX semester ganjil. Skripsi S1 Pendidikan. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Retrieved from http://digilib.uin-suka.ac.id/14362/2/07680023_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf
[14] Penelitian, A., Sdn, I. V, Sleman, P., Sdn, I. V, Sleman, P., Sdn, I. V, … Sleman, P. (n.d.). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK SEBAGAI BAHAN AJAR IPA MATERI SISWA KELAS IV SD NEGERI PENDOWOHARJO SLEMAN Oleh : TAKARI CHANDRA PRAMANA PGSD FKIP Universitas PGRI Yogyakarta.
[15] Pertama, M. (2016). One Group Pre-Test-Post-Test. 3(1), 69–75.
[16] Pratiwi, W., & Kurniawan, R. Y. (2013). Penerapan Media Komik Sebagai Media Pembelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 3 Ponorogo. Jurnal Online Unesa, 1–16.
[17] Pritandhari, M. (2016). Penerapan Komik Strip Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Manajemen Keuangan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Metro. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 4(2), 1–7. https://doi.org/10.24127/ja.v4i2.631
[18] Purwitama, A. N., Nurfahrudianto, A., & H, A. D. (2017). Pengembangan Media Komik Pada Materi Arimatika Sosial Siswa SMP Kelas VII. Simki-Techsain, 01(01).
[19] Roncancio R, Ginna & Sáenz G, C. (2016). No Title肯定・否定表現における日本語程度副詞について. IOSR Journal of Economics and Finance, 3(1), 56. https://doi.org/https://doi.org/10.3929/ethz-b-000238666
[20] Studi, P., Ekonomi, P., Keahlian, B., Pendidikan, K., Pendidikan, J., Pengetahuan, I., … Dharma, U. S. (n.d.). Pengembangan Media Komik Bermuatan. (4).
[21] Wahyuningtyas, C. A. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Komik Materi Pembelajaran Peristiwa Sekitar Proklamasi Pada Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Ngemplak, Sleman Tahun Ajaran 2016/2017.
[22] Waluyanto, H. D. (2005). Komik Sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran. Nirmana, 7, 45–55.
[23] Zuli Lailatul Fajriah, dan E. A. (2016). Pengembangan Edu Komik Sebagai Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Pada Materi Interaksi Makluk Hidup dan Lingkungannya Di Sekolah Menengah Pertama. 2(1).
Published
2020-01-15
Abstract views: 244 , PDF downloads: 158