PERAN BANK RAKYAT INDONESIA DALAM MENINGKATKAN INKLUSI KEUANGAN INDONESIA
Abstract
Peningkatan inklusi keuangan diharapkan dapat mengurangi jumlah masyarakat unbanked atau yang belum memiliki rekening bank karena tidak memiliki akses layanan perbankan dasar seperti tabungan yang merupakan hak dasar bagi seluruh masyarakat dan memiliki peran penting dalam meningkatkan hidup masyarakat. Inklusi keuangan dinilai dapat mendorong pemerataan kemakmuran bagi bangsa Indonesia. Hal ini pun mendorong PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) memiliki visi menjadi “Champion of Financial Inclusion” pada 2025. Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan inklusi keuangan yang banyak melibatkan kontribusi dari berbagai pelaku usaha dan akan lebih baik dibandingkan dengan hanya berfokus pada pelaku usaha tertentu. Dia menyebut visi BRI sejalan dengan visi pemerintah yang mencanangkan tingkat inklusi keuangan mencapai 90% pada 2024. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2022 menunjukkan indeks inklusi keuangan masih sebesar 85,10%. Nilai ini masih di bawah nilai yang dicanangkan, tetapi meningkat jika dibandingkan hasil SNLIK 2019 yakni sebesar 76,19%.