PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS PADA RUMAH MAKAN MEGA MULIA CABANG DELIMA PEKANBARU)

  • Muhammad Fadhil Iqbal Universitas Muhammadiyah Riau
  • Bakaruddin Bakaruddin Universitas Muhammadiyah Riau
  • Hichmaed Tachta Hinggo S. Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Kualitas Produk, Harga, Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Kepuasan pelanggan adalah aspek penting dan menjadi kunci untuk menjalankan bisnis yang sukses, kepuasan merupakan fungsi dari perbedaan antara kinerja yang dirasakan dengan harapan. Harapan pelanggan dapat dibentuk oleh pengalaman masa lampau, komentar dari kerabatnya serta janji akan informasi pemasar dan saingannya. Pelanggan yang puas akan setia lebih lama, kurang sensitif terhadap harga dan memberi komentar yang baik tentang perusahaan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan rumah makan mega mulia cabang Delima Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan rumah makan mega mulia cabang Delima pekanbaru. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan rumus lemeshow sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 97 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, harga dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan rumah makan mega mulia cabang Delima Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-10-18
Abstract views: 24 , PDF downloads: 57