PENGARUH INOVASI PPRODUK, KUALITAS PPRODUK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PPRODUK SPREI SORAYA SUDIRMAN DIKOTA PEKANBARU
Abstract
Di era globalisasi diiringi dengan semakin cerdasnya konsumen dan bertambahnya pilihan pproduk yang tersedia di pasar, menimbulkan persaingan yang ketat pada sisi produsen dalam memperebutkan perhatian konsumen yang ada di pasar untuk membeli pproduknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh inovasi pproduk, kualitas pproduk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pproduk sprei soraya Sudirman dikota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh konsumen Soraya Sudirman dikota Pekanbaru dengan sampel sebanyak 160 orang melalui teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pengujian data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas,uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi dengan bantuan software SPSS 25. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa inovasi pproduk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas pproduk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan kualitas pelayanan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan inovasi pproduk, kualitas pproduk dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.