PENGARUH HARGA, BRAND AWARENESS, DAN IMPULSE BUYING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN SOCIAL COMMERCE TIKTOK SHOP DI PEKANBARU

  • Hardy Wiranata Universitas Muhammadiyah Riau
  • Rian Rahmat Ramadhan Universitas Muhammadiyah Riau
  • Ikhbal Akhmad Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Harga, Brand Awareness, Impulse Buying, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Harga, Brand Awareness dan Impulse Buying terhadap Keputusan Pembelian konsumen Social Commerce TikTok Shop. Populasi pada penelitian ini dilakukan kepada seluruh konsumen yang berdomisili di Pekanbaru yang pernah melakukan pembelian produk di Social Commerce TikTok Shop. Jenis penelitan ini menggunakan metode kuantitatif. Di dalam penelitian ini terdiri dari empat variabel yaitu satu variabel terikat dan tiga variabel bebas. Variabel-variabel tersebut adalah Keputusan Pembelian (Y), Harga (X1), Brand Awareness (X2), dan Impulse Buying (X3). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sampel sebanyak 160 orang dengan penyeberan kuesioner. Alat analisis data yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah analisis statistika Statistical Program for Social Science (SPSS) menggunakan aplikasi perangkat lunak SPSS ver 20. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) harga berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian; 2) brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian; 3) impulse buying berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-10-18
Abstract views: 548 , PDF downloads: 306