PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO FATIMAH MART PEKANBARU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa apakah citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada toko Fatimah Mart Pekanbaru dan mengetahui dan menganalisa apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada toko Fatimah Mart Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan studi kuantitatif. Metode ini disebut metode kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah konsumen belum merasa puas karena produk yang ditawarkan masih belum lengkap dan terbatas. Kemudian pelayanan dari segi ruangan atau infrastruktur kurang memadai karena suhu ruangan masih belum stabil hanya dilengkapi kipas angin sehingga konsumen tidak merasa nyaman berlama-lama di dalam ruangan untuk lahan parkir konsumen Fatimah Mart kurang luas hanya menampung 2 kendaraan roda 4 dan 10 roda dua. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah timbulnya perusahaan sejenis yang menjadi pesaing ketat yaitu, indomaret dan beta Mart yang lebih dulu sudah berdiri di lokasi tersebut seblum Fatimah Mart. Responden dalam penelitian ini adalah 96 orang masyarakat Kota Pekanbaru yang pernah berbelanja di Fatimah Mart. Dari hasil analisis Analisis data dilakukan dengan bantuan program aplikasi SPSS (Stastistic Product and Service Solution) yang ditemukan bahwa variabel Keputusan Pembelian, Citra Merek dan Kualitas Pelayanan mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di toko Toko Fatimah Mart Pekanbaru.