Pengaruh Sistem Antrian dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Rumah Sakit Ibnu Sina Pekanbaru
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem antrian dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien BPJS. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien Rumah Sakit Ibnu Sina pengguna layanan BPJS yang tidak diketahui jumlahnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengolah data dan informasi yang diperoleh dari lokasi penelitian, kemudian untuk mencari dan melihat sejauh mana pengaruh sistem antrian dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer yakni dilakukan dengan metode penyebaran kuesioner dan data sekunder yakni jurnal penelitian terdahulu, buku, skripsi, tesis, dan data pendukung dari Rumah Sakit Ibnu Sina Pekanbaru. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan pendekatan analisis regresi linier berganda . Berdasarkan hasil penelitian bahwa variable kualitas pelayanan berbengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pasien. Hal ini semakin tinggi kualitas pelayanan karyawan maka semakin tinggi pula kepuasannya.