PENGARUH KUALITAS JARINGAN, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SMARTFREN DI PEKANBARU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas jaringan, harga dan promosi terhadap kepuasan pelanggan Smartfren di kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan studi kuantitatif. Metode ini disebut metode kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah timbulnya perusahaan sejenis yang menjadi pesaing ketat smartfren diindonesia hingga menimbulkan masalah pada kepuasan pelanggan Smartfren. Responden dalam penelitian ini adalah 140 orang pelanggan Smartfren yang berada di kota Pekanbaru. Dari hasil analisis Analisis data dilakukan dengan bantuan program aplikasi SPSS (Stastistic Product And Service Solution). yang ditemukan bahwa variabel kualitas jaringan, harga dan promosi mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Smartfren.