PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNA, KUALITAS INFORMASI, DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI ONLINE (STUDI KASUS PENGGUNA MARKETPLACE SHOPEE)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan pengguna, kualitas informasi, dan electronic word of mouth terhadap minat beli online (studi kasus pengguna marketplace shopee). Penelitian ini menggunakan studi kuantitatif. Metode ini disebut metode kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah timbulnya perusahaan sejenis yang menjadi pesaing ketat. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah timbulnya perusahaan sejenis yang menjadi pesaing ketat Shopee diindonesia hingga menimbulkan masalah pada minat beli online pada marketplace . Responden dalam penelitian ini adalah 140 orang pengguna shopee. Dari hasil analisis Analisis data dilakukan dengan bantuan program aplikasi SPSS (Stastistic Product and Service Solution) yang ditemukan bahwa variabel persepsi kemudahan pengguna, kualitas informasi dan electronic word of mouth mempunyai pengaruh signifikan terhadap minat beli online di marketplace Shopee.