STUDI IDENTIFIKASI SPESIES KANTONG SEMAR (Nepenthes spp.) DI KAWASAN CAGAR ALAM LEMBAH HARAU KABUPATEN LIMA PULUH KOTA SUMATERA BARAT

  • - Elmiwati STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh
Keywords: kantong semar, cagar alam

Abstract

Kantong semar (Nepenthes spp.) merupakan tumbuhan karnivora yang hidup didaerah tropis salah satunya di Cagar Alam Lembah Harau, tingginya tingkatan eksplorasi dan penjualan nepenthes sebagai tanaman hias diperkirakan dapat menurunkan jumlah spesies nepenthes, saat ini kantong semar (Nepenthes spp) termasuk kedalam CITES (Convension On International Trade Of Endangered Spesies) dalam Apendiks I dan II yang tergolong hampir punah dan langka.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey. Penelitian dilakukan pada mulai bulan Oktober - November 2014 di Kawasan Cagar Alam Lembah Harau Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung dilapangan, serta mengidentifikasi spesies yang didapatkan di Laboratorium Biologi STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh.
Berdasarkan hasil penelitiandidapatkan 4 spesies kantong semar (Nepenthes spp ) yaitu Nepenthes Albomarginata, Nepenthes ampullaria Jack, Nepenthes eustachya Miq, Nepenthes gracilis Korth dikawasan Cagar Alam Lembah Harau. Spesies kantong semar yang ditemukan di lokasi penelitian pada umumnya tumbuh di tanah atau terrestrial dengan batang memanjat (scandes).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-10-30
How to Cite
Elmiwati, -. (2015). STUDI IDENTIFIKASI SPESIES KANTONG SEMAR (Nepenthes spp.) DI KAWASAN CAGAR ALAM LEMBAH HARAU KABUPATEN LIMA PULUH KOTA SUMATERA BARAT. Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 6(01), 107-110. https://doi.org/10.37859/jp.v6i01.483
Section
Biology Sciences
Abstract views: 313 , pdf (Bahasa Indonesia) downloads: 502