Pengaruh Terapi Modeling Partsisipan Terhadap kemandirian Anak Dalam Toilet Training
Abstract
Toilet Training merupakan salah satu tugas utama anak pada usia toddler. Salah satu teknik terapi perilaku pelaksanaan toilet training adalah modeling partisipan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi modeling partisipan terhadap kemandirian anak dalam toilet training. Jenis penelitian ini Kuantitatif dengan desain quasy eskperiment dengan rancangan pretest-postest without control group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Jumlah sampel ada 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemandirian anak pada saat pre test adalah 10,2 dan nilai rata-rata kemandirian anak pada saat post test adalah 11,7. Uji statistik didapatkan nilai p= value 0.000 < α (0.05). Ada Pengaruh Terapi Modeling Partisipan Terhadap Kemandirian Anak Dalam Toilet Training. Diharapkan kepada orang tua agar senantiasa meningkatkan latihan pada anak supaya lebih aktif dalam melakukan toilet training.
Downloads
References
Ammelda, r., Novayelinda, r., & Erwin. (2014). Pengaruh modelingmedia video dan gambar terhadap peningkatan kemampuan Toilet Training pada anak toddler. Universitas riau, 3, 2–3.
Andriyani s, Ibrahim k, Wulandari s, c. A. (2014). Analisis faktor-faktor yang berhubungan Toilet Training pada anak prasekolah. Jurnal keperawatan, 2(1), 56–53.
Beck, d. F. P., & Tatano, c. (2012). Resourch manual for nursing research (ninth edit). Philadelphia: lippincott williams & wilkins wolter kluwer health.
Benhard, R. (2007). Skizofrenia dan diagnosis banding. Jakarta: FKUI
Buston, e., & Septiyanti. (2017). Hubungan pendidikan dan sikap dengan keberhasilan Toilet Training. Mahakam nursing journal, 2(1), 18–27.
Dea, d., Budiharto, i., & Hendra. (2017). Hubungan pola asuh orang tua terhadap pelaksanaan Toilet Training pada anak di paud lembaga pemberdayaan perempuan dan anak (lpa) yayasan mujahidin kota pontianak. Fakultas kedokteran universitas tanjung pura.
Dharma, k. K. (2011). Metodologi penelitian keperawatan. Jakarta; trans info media.
Fitria, i., & Khairunnisa. (2016). Hubungan penerapan Toilet Training terhadap kemandirian anak usia 4-6 tahun di tk sirajul huda kecamatan jeumpa. Jurnal kesehatan almuslim, (3), 14–18.
Hastono, S.P. (2007). Analisis data kesehatan. FKM UI. Depok: Tidak dipublikasikan
Hidayat, A. (2005). Pengantar Ilmu Keperawatan Anak. Jakarta : Salemba Medika
Hooman, N. Safaii, A. Valavi, E. Alavijeh, A. (2013). Toilet Training in Iranian Children. Iran J. Pediart, pril 2013. Vol. 3 No. 2.Pp : 154 – 158
Indrawati, T. (2010). Pengetahuan ibu tentang Toilet Training dan pelaksanaan toilet train- ing pada balita usia 18- 36 bulan. Jurnal promosi kesehatan indonesia, 120–126.
Iryanti, & Kamsatun. (2016). Pengaruh modul pemberdayaan keluarga tentang Toilet Training terhadap kemandirian eliminasi anak di paud. Jurnal keperawatan, 4(1).
Istiqomah, K. (2016). Teknik modelling terhadap kemampuan Toilet Training anak cerebral palsy tklb/d-d1. Jurnal pendidikan khusus, 1–9.
Iswanti, D. I. (2011). Pengaruh terapi perilaku modeling partisipan terhadap kepatuhan minum obat pada klien penatalaksanaan regimen terapeutik tidak efektif di rsjd dr. Amino gondo hutomo semarang. Fik, universitas indonesia, (21), 78884557.
Kusumaningrum, a., Natosba, j., & Julia, e. L. (2011). Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perilaku orang tua dalam Toilet Training toddler. Fakultas kedokteran universitas sriwijaya.
Mahmudah, u., Cahyati, w. H., & Wahyuningsih, a. S. (2013). Penyuluhan terhadap sikap ibu dalam memberikan Toilet Training pada anak. Jurnal kesehatan masyarakat, 8(2), 113–120. Https://doi.org/issn 1858-1196
Musfirah, m., & Wisudaningtyas, b. L. (2013). Penyuluhan terhadap sikap ibu dalam memberikan Toilet Training pada anak. Jurnal kesehatan masyarakat, 8(2), 113–120. Https://doi.org/issn 1858-1196
Nelson-Jones, R. 2011. Teori dan praktik konseling dan terapi. Edisi 4. Pustaka pelajar : Yogyakarta.
Pambudi. (2006). Toilet Training pada Anak Usia Todler. dikutip dari http://k34437h.multiply.com/journal/item/362/ Toilet_training. Diakses tanggal 19 agustus 2018
Parendrawati, D.P. (2008). Efektifits Terapi perilaku : Token ekonomi pada klien Defisit perawatan diri (DPD) di Rumah Sakit Marzoeki Mahdi Bogor. Tesis FIK UI. Depok: Tidak dipublikasikan
Polit, & Beck. (2012). Nursing research. Lippincott; williams & wilkins (vol. 34). Https://doi.org/10.1097/01.nmc.0000363684.43186.fe
Putri, m. A., & Purbaningrum, M. E. (2014). Hubungan pola asuh orang ua dengan keberhasilan Toilet Training pada anak usia pra sekolah di paud ra darussalamdesa kinandang bendo magetan. Jurnal online mahasiswa (jom).
Rahayuningsih, s. I., & Rizki, m. (2012). Kesiapan anak dan keberhasilan Toilet Training di paud dan tk bungong seuleupoek unsyiah banda aceh. Idea nursing journal, 274–284.
Sears, dkk (2006). Psikologi Sosial. (Alih Bahasa: Michael Adrianto), Jakarta: Erlangga
Suherman. (2010). Buku Saku Perkembangan Anak. Jakarta:EGC
Syamrotul, i. (2015). Gambaran pengetahuan dan sikap ibu sebelum dan setelah diberikan pendidikan kesehatan tentang Toilet Training anak usia 2-5 tahun di desa beji kecamatan kedungbanteng kabupaten banyumas. Jurnal medsains, 1(1), 35–42.
Syari, E., Chandra, F., & Risma, D. (2015). Gambaran pengetahuan dan sikap ibu tentang pelaksanaan Toilet Training pada anak usia 1-3 tahun di wilayah kerja posyandu kelurahan sukamaju kecamatan sail kota pekanbaru. Jom fk, 2(2), 1–16.
Ward, S., Duehn, W., (1999). Participant modeling in a sexual abuse prevention program. The University of Texas at Arlington
Warlenda, s. V., & Sari, r. N. (2017). Pengetahuan ibu berhubungan dengan pelaksanaan Toilet Training pada anak usia 3-5 tahun di paud islam cerliana kota pekanbaru tahun 2016. Jurnal kesehatan komunitas, 3(7), 105–109.
Zaivera, F. (2008). Mengenali dan memahami Tumbang Anak. Yogjakarta: Katahati
Copyright (c) 2021 Yeni Devita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Each article is copyrighted © by its author(s) and is published under license from the author(s).
When a paper is accepted for publication, authors will be requested to agree with the Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 4.0