Deskripsi Pengetahuan Pasien Fraktur Tentang Perawatan Selama Penyembuhan Di Poli Bedah Orthopedi RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau

  • Restu Buana Anjaswati Universitas Muhammadiyah Riau
  • Yeni Yarnita Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Pengetahuan, Perawatan, Proses Penyembuhan, Fraktur

Abstract

Fraktur disebabkan oleh trauma dan bisa terjadi akibat adanya tekanan yang berlebihan dibandingkan kemampuan tulang dalam menahan tekanan, perawatan fraktur terdiri dari perawatan luka, menghilangkan nyeri, mencegah komplikasi, dan gizi pada pasien fraktur . Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan populasi yaitu seluruh pasien fraktur di Poli Bedah Orthopedi RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah pasien fraktur yang ada di poli bedah orthopedi yang berjumlah 65 responden dengan teknik  pengambilan sampel yaitu accidental sampling dengan iriteria inklusi dan eklusi. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner tentang pengetahuan tentang perawatan selama proses penyembuhan pada fraktur. Hasil penelitian diperoleh bahwa pengetahuan responden dalam kategori baik 1.5% (1), kategori cukup 58.5%  dan kategori kurang 40% (26) responden. Dari hasil penelitian ini diharapkan pihak rumah sakit, agar dapat meningkatkan edukasi pada pasien fraktur terkait perawatan selama proses penyembuhan di poli orthopedi RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau

Downloads

Download data is not yet available.

References

Carter, W. Disaster Manegement: A Disaster Manager’s Handbook. Manila: ADB; 2011. 1-204.
Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2013. Riskesdas 2013 dalam Angka. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia: Jakarta.
Helmi, dan Zairin N. 2012. Buku Ajar Gangguan Muskuluskeletal. Jakarta.
Iza Riana Nurul. 2018. Hubungan Tingkat Kecemasan Dengan Pelaksanaan Mobilisasi Dini Pada Pasien Post Operatif Fraktur Femur Di Rso Prof. Dr. R Soeharso Surakarta. Jurnal Kesehatan.: Salemba Medika.
Maisarah. 2015. Gambaran Pengetahuan Pasien Patah Tulang di Poli Orthopedi RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jurnal Kesehatan.
Mubarok. 2007. Promosi Kesehatan Sebuah Pengantar Proses Belajar Mengajar Dalam Pendidikan. Graha Ilmu : Jakarata.
Nursalam. 2011. Meteodelogi penelitian ilmu keperawatan: pendekatan praktis edisi ketiga. Rineka cipta: Jakarta.
Notoatmodjo. 2007. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta : Rineka Cipta..
Notoatmodjo S. 2010. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo. 2012. Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Rekam medis RSUD Arifin Achmad Pekanbaru, 2018. Jumlah pasien fraktur. Pekanbaru: RSUD Arifin Achmad. Tidak dipublikasikan.
WHO, 2011. Kecelakaan lalu lintas menjadi pembunuh terbesar ketiga. Diakses pada November 2018.
Wulandari Hanif Iga. 2016. Tingkat Pengetahuan dan Sikap Pasien Fraktur Yang Memilih Pengobatan Tradisional (Battra Patah Tulang) Sebelum Berobat Di Poliklinik Bedah Tulang RSUD Undata Kota Palu Periode November-Desember Tahun 2016. Medika Tadulako, Jurnal Ilmiah Kedokteran, Vol. 4 No. 2 Mei 2017.
Published
2019-12-26
How to Cite
Buana Anjaswati , R., & Yarnita, Y. (2019). Deskripsi Pengetahuan Pasien Fraktur Tentang Perawatan Selama Penyembuhan Di Poli Bedah Orthopedi RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 10(1), 97-102. https://doi.org/10.37859/jp.v10i1.1790
Section
Computing Sciences
Abstract views: 1672 , PDF downloads: 604

Most read articles by the same author(s)