Pengaruh Ekstrak Etanol Daun Kemangi (Ocimum basilium) Sebagai Insektisida Terhadap Nyamuk Dengan Metode Elektrik

  • Hesti Marliza STIKes Mitra Bunda Persada
  • Rizka Fenida Akademi Analis Kesehatan Putra Jaya Batam
Keywords: Kemangi, Nyamuk, Insektisida, Metode Elektrik

Abstract

Kandungan aktif yang terdapat dalam  kemangi diperkiraan dapat digunakan sebagai insektisida alternative beberapa senyawa yang ada dalam kemangi adalah eugenol  dalam eugenol sendiri terdapat senyawa saponin dan flavonoid. Saponin dapat merusak kutikula nyamuk dan mengganggu sistim pernafasan pada nyamuk, sedangkan flavonoid menyebabkan permeabilitas rongga badan pada nyamuk menjadi rusak.. Metode penelitian eksperimental dengan pendekatan post test-only control group design  perlakuan dengan memberikan ekstrak etanol daun kemangi dengan konsentrasi 100 %, 80 %, 60 %, 40 % dan 20 % terhadap nyamuk secara random dan diberi perlakuan serta ada pengontrolnya kemudian dibandingkan untuk menentukan keefektifan treatment. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil konsentrasi 100 % menunjukkan pengaruh insektisida paling besar dengan kematian 100 % selama 24 jam. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ekstrak etanol daun kemangi member pengaruh sebagai insektisida terhadap nyamuk dengan metode elektrik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chandra Budiman, 2007, Pengantar Kesehatan Lingkungan . Jakarta Buku Kedokteran-EGC

Hamdani, 2004. Insektisida Alami Ramah lingkungan : Prospek, peranan, dan Pemanfaatannya dalam PHT

Kardinan, A. 2004. Tanaman Pengusir dan Pembasmi Nyamuk, Agro Media Pustaka, Jakarta Hal 1

Robinson, T. 1995, Kandungan organic Tumbuhan Tinggi .terjemahan oleh Kosasih Padmawinata Bandung, Penerbit ITB Hal 191-192.

Published
2019-07-03
How to Cite
Marliza, H., & Fenida, R. (2019). Pengaruh Ekstrak Etanol Daun Kemangi (Ocimum basilium) Sebagai Insektisida Terhadap Nyamuk Dengan Metode Elektrik . Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 9(2), 242-245. https://doi.org/10.37859/jp.v9i2.1301
Section
Health Sciences
Abstract views: 386 , PDF downloads: 567