Analisis Laporan Keuangan Sebagai Alat Untuk Mengevaluasi Kinerja Keuangan Pada Koperasi Jaya Makmur

  • Norra Isnasia Rahayu Universitas Muhammadiyah Riau
  • Dwi Fionasari Universitas Muhammadiyah Riau
  • Della Hilia Anriva Universitas Muhammadiyah Riau
  • Sri Rahmayanti Universitas Muhammadiyah Riau
  • Jeki Algusri Universitas Muhammadiyah Riau
  • Nadia Miftaroziah Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Analysis, financial statements, performance, cooperative

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis laporan keuangan sebagai alat untuk mengevaluasi kinerja keuangan pada koperasi jaya makmur. Koperasi ini berkedudukan di Kecamatan Krinci Kanan Kabupaten Siak Provinsi Riau. Koperasi Jaya Makmur didaftarkan pada Dapartemen Koperasi Dan Pembinaan Pengusaha Kecil Provinsi Riau dengan Badan Hukum. Dalam menjalankan koperasi perlu adanya landasan yant baik dan efisien. Untuk menjalankan, koperasi perlu adanya manajemen keuangan yang sangat baik dan efisien. Berdasarkan dari hasil yang didapatkan dapat diihat kondisi pemasukan sangat kurang sedangkan pada pengeluarannya cukup banyak, hal ini dapat dilihat pada SHU (Sisa Hasil Usaha) koperasi tersebut. Dengan adanya perubahan pada keuangan koperasi menandakan bahwa koperasi tersebut berjalan, tetapi kurang efisien. Hasil penelitian yang dilakukan pada Koperasi Jaya Makmur Desa Kumbara Utama Kabupaten Siak, dari tahun 2019 hingga tahun 2021 mengalami perubahan yang tidak terlalu kondusif dari yang menyebabkan kondisi koperasi tidak sehat. Hal ini disebabkan karena kondisi keuangan koperasi menglami penurunan setiap tahunnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, Erika Nur. 2016. Analisis Rasio Keuangan Sebagai Tolak Ukur Kinerja Keuangan Koperasi (Studi Pada Kopwan Setia Budi Wanita Malang Periode 2011-2015). Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Anhari, Ally Sultan Al. (2010). “Analisa Kinerja Laporan Keuangan Pada KoperasiSendan Mulyo di Wonogiri”. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Aprilia dan Amanah, Analisis Rasio Keuangan Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Pada Koperasi Dhaya Harta Jombang, 2014. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol 3 (4).

Arifin, Johar. 2002. Manajemen Koperasi. Jakarta: Gramedia.

Arikuntoro, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fitriah, Nurul. 2017. Pengaruh Penerapan Manajemen Risiko Terhadap Kinerja Keuangan Koperasi Di Kabupaten Pati. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang.

Hendriansyah. 2014. analisis rasio keuangan CV. Gunung Sambung GS. Banjarmasin: UNISKA.

Meidella, Kiki Ayu. 2016. Analisis Laporan Keuangan Surabaya. E-Journal Akuntansi “EQUITY Dalam Penilaian Kinerja Keuangan Pada PT. Perkebunan Nusantara Xii” 2 (4)

Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menegah. (2011). Perubahan Atas Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menegah Nomor 20/Per/M.KUKM/XV2008 Tentang Pedoman Penilain Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam dan Unit Simpan Pinjam Koperasi. Jakarta: Departemen Koperasi.

Muslimin Nasution. (1987). Strategi Menuju Keswadayyan Koperasi. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Koperasi DEPKOP.

Muslimin Nasution. (1999). Koperasi: Konsepsi. Pemikiran dan Peluang Pembangunan Masa Depan Bangsa. Jakarta: Dapartemen Kehutanan dan Perkebunan RI

Ninik Widiyanti dan YW. Sunindhia. (2003). Koperasi dan Perekonomian Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta dan Bina Adiaksara.

Panji Anoraga dan Ninik Widiyanti. (1995). Manajemwn Koperasi, Teori dan Praktek. PT Dunia Pustaka: Jakarta.

Setyawati, N., Woelandari, D., & Ningrum, E. (2019). Pendampingan Pendirian Dan Pengelolaan Koperasi Guna Membantu Permodalan Untuk Industri Rumahan Di Kelurahan Marga Mulya, Bekasi. Comvice: Journal of Community Service, 3(1), 35–38.

Sugiono. 2009. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Xu, Q., Fernando, G. D., & Tam, K. (2018). Executive age and the readability of financial reports. Advances in Accounting, 43(September), 70–81.

Published
2022-12-20
How to Cite
Rahayu, N. I., Fionasari, D., Anriva, D. H., Rahmayanti, S., Algusri, J., & Miftaroziah, N. (2022). Analisis Laporan Keuangan Sebagai Alat Untuk Mengevaluasi Kinerja Keuangan Pada Koperasi Jaya Makmur. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 12(2), 268-274. https://doi.org/10.37859/jae.v12i2.4373
Abstract views: 42 , PDF downloads: 25