The Influence of emotional intelligence, learning facilities, and lecturer competences on academic achievement of accounting students
A case study on an accounting students at Universitas Muhammadiyah Riau
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) apakah terdapat pengaruh atau tidak terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap prestasi akademik mahasiswa; (2) apakah terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa; (3) apakah terdapat pengaruh kompetensi dosen terhadap prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan jenis data primer berupa kuesioner sebagai instrument dalam pengumpulan data. Objek dalam penelitian ini pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI). Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kecerdasan emosional berpengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa; (2) fasilitas belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa; (3)kompetensi dosen berpengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa. Selain itu diperoleh juga nilai R square sebesar 0,238 artinya kekuatan pengaruh yang diberikan oleh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 23,8%.
Downloads
References
Goleman, D. (2012). Emotional Intelligence. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Hartika, N., & Mariana, F. (2019). Pengaruh Keaktifan Belajar dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan, 2(1), 57–71.
Irawan, H. (2016). Pengaruh Motivasi, Minat dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Semester VIdi Akademi Keperawatan Dharma Husada. Jurnal Ilmu Kesehatan, 4(2), 80–89.
Jauhari, L. G., & Tarigan, H. Z. J. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa di SMK PGRI 1 Kertosono. Seminar Nasional Inovasi dan Aplikasi Teknologi di Industri, 97–102.
Kriyany, A. A. Y. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Kelas X ADP SMK Negeri 1 Lubuk Basung. Ecogen, 2(3), 227–237.
Menhard. (2018). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi Belajar Pada Mahasiswa STIE Mahaputra Riau. Jurnal Ilman, 6(1), 1–11.
Murti, R. W., & Prasetio, A. P. (2018). Pengaruh Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 94–102.
Mustaqim, I. (2019). Pengaruh Kompetensi Dosen, Kurikulum dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Agama Islam STAI Laa Roiba Bogor. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 1(1), 48–57.
Nirwana, H., Zuwirna, H., & Kusman, N. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.
Pranyoto, Y. H., & Belang, B. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar, Kelompok Sebaya dan Profesionalisme Dosen Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa di Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke. Jumpa (Jurnal Masalah Pastoral), 7(2), 1–15.
Rahwana, K. A. (2016). Hubungan Kinerja dan Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Survey Pada Mahasiswa Politeknik Triguna Tasikmalaya Tahun Akademik 2012/2013). Jurnal Ekonomi Perdesaan, 1(1), 52–78.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Susanto, H. (2018). Teori Kognitif Sosial. https://bagawanabiyasa.wordpress.com.
Tohir, J. (2019). Kemenristek-Dikti-Arahkan-Kampus-Sesuai-Kebutuhan-Industri-Bukan-Humaniora-Dan-Sosial. https://jakarta.tribunnews.com/kemenristek-dikti-arahkan-kampus-sesuai-kebutuhan-industri-bukan-humaniora-dan-sosial
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 10 Tentang Ketenagakerjaan, Pub. L. No. Nomor 13 (2003).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Pasal 69 Ayat 2 Tentang Kompetensi Ketenagakerjaan, Pub. L. No. Nomor 14 (2005).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2006 Tentang Guru dan Dosen, Pub. L. No. Nomor 14 (2006).
Wahyudi, P. H. P., & Sari, M. M. R. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Fasilitas Belajar dan Kompetensi Dosen Terhadap Persepsi Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 29(3), 1083–1093.
Wood, R., & Bandura, A. (1989). Social Cognitive Theory Of Organizational Management University Of New South Wales. 14(3), 361–384.
Copyright (c) 2020 Jurnal Akuntansi dan Ekonomika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.