IMPLEMENTASI REKRUTMEN TENAGA PENDIDIK BERBASIS KOMPETENSI DI PONDOK PESANTREN AL AZHAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi rekrutmen berbasis kompetensi di Pondok Pesantren Al Azhar, khususnya untuk tenaga pendidik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian mencakup pimpinan pondok pesantren, tim rekrutmen, serta tenaga pendidik yang telah bekerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses rekrutmen dimulai dengan identifikasi kebutuhan tenaga pendidik sesuai visi dan misi lembaga, meliputi penguasaan ilmu agama dan kemampuan pedagogis. Rekrutmen berbasis kompetensi diterapkan melalui seleksi akademik dan keagamaan, dengan prioritas diberikan kepada lulusan universitas Timur Tengah. Tantangan yang dihadapi antara lain keterbatasan kandidat berkualitas, persaingan antar lembaga pendidikan, perlunya pengembangan kriteria kompetensi, serta kebutuhan pelatihan lanjutan guna memastikan standar kompetensi tenaga pendidik terpenuhi.
Downloads
References
Agia, N. R., & Sudrajat, I. (2023). Sistem Rekrutmen Tenaga Pendidik (Guru). Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 01(02), 40–44. https://doi.org/10.58812/spp.v1.i02
Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. Si., Nur Hikmatul Auliya, Grad. Cert. B., Helmina Andriani, M. Si., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.
Anwar, A. (2016). KARAKTERISTIK PENDIDIKAN DAN UNSUR-UNSUR KELEMBAGAAN DI PESANTREN. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 2(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v2i2.2536
Arifa, B. N. (2020). PELAKSANAAN MANAJEMEN REKRUTMEN TENAGA PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH AL-MUKHLISIN. Jurnal Islamic Education Manajemen, 5(2), 167–176. https://doi.org/10.15575/isema.v5i2.5740
Badrudin. (2017). Dasar-dasar Manajemen. ALFABETA cv.
Badrudin, Muliawati, T., Russamsi, Y., & Prayoga, A. (2020). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KELOMPOK KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8. https://doi.org/10.34152/fe.1.2.%p
Barkah, H., & Zakiyah Qiqi Yuliati. (2017). MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK DIMADRASAH. Jurnal Islamic Education Manajemen, 2(2), 7–15. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/isema
Hanifah, U. (2021). Strategi Rekrutmen dan Motivasi Kerja Tenaga Pendidik dan Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga. Jurnal Educatio, 7(4), 1623–1627. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1455
hasanah, rifatul, Delvani, R., Anata Dharmayanti, V., & Nur Hayati, A. (2023). Analisis Kriteria Rekrutmen dan Seleksi Pendidik di Pondok Pesantren As-Sa’adiyah Samarinda. Dinamika, 4(1). https://jurnal.iainsalatiga.ac.id/index.php/dinamika/index
Hidayar, & Asriyanti. (2020). Analisis Pola Rekrutmen Tenaga Pendidik. Jambura Journal of Educational Management, 1(2), 60–70.
Huda, M. (2024). PERAN MANAJEMEN REKRUTMEN TENAGA PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH MENEGAH. ADIBA: JOURNAL OF EDUCATION, 4, 580–587.
Lisnandari. (2018). MANAJEMEN REKRUTMEN TENAGA PENDIDIK DI MADRASAH ALIYAH. Jurnal Islamic Education Manajemen, 3(2), 193–200. https://doi.org/DOI:1015575/isema.v3i2.5011
Nurdin, I., Qomariah, D. I., Budiarti, I. N., & Dwiyanto, D. (2024). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Media Penerbit Indonesia
Pemerintah Indonesia. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Lembaran Negara Republik Indonesia, 2005(157), Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia No. 4586.
Pemerintah Indonesia. (2007). Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan. Lembaran Negara Republik Indonesia, 2007(124), Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia No. 4769
Rusdiana, A. (2024). MANAJEMEN SUMBERDAYA MANUSIA PENDIDIKAN.
Sadili Samsudin, Manajemen Sumber Daya Manusia, (Bandung: Pustaka Setia, 2006)
Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. CV. NATA KARYA. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN
Zain Sarnoto, A. (2017). Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan Islam. MADANI Institute, 16(2).
Copyright (c) 2025 EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

