EKSPLORASI LITERASI DIGITAL DI PESANTREN PADA SANTRI GEN Z
Abstract
Pondok pesantren sebagai pusat integrasi yang menghubungkan antara pendidikan agama dengan aspek pendidikan lain diharapkan mampu menyatu pada perubahan era digital menggunakan konsep kolaborasi dengan digitalisasi dalam mensyiarkan keislaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan wawasan mendalam tentang dinamika literasi digital di pesantren, serta memungkinkan pengembangan strategi yang tepat guna untuk mengoptimalkan peran teknologi dalam mendukung pendidikan keislaman generasi Z di pesantren. Metode yang digunakan meneliti adalah studi pustaka (library-based research). Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa eksplorasi literasi digital yang dimanfaatkan sebagai pendukung pembelajaran dan sarana media berdakwah dalam pendidikan Islam di pondok pesantren merupakan hal penting untuk mengembangkan kompetensi santri dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan dalam era digital utamanya pada santri Gen Z.
Downloads
References
Ahsani, E.L., Romadhoni, N.W., Layyiatussyifa, E.L., Ningsih, W.N., Lusiana, P., & Roichanah, N.N. (2021). PENGUATAN LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR INDONESIA DEN HAAG. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an.
Alruthaya, A., Nguyen, T., & Lokuge, S. (2021). The Application of Digital Technology and the Learning Characteristics of Generation Z in Higher Education. ArXiv, abs/2111.05991.
Asri, K.H. (2022). Pengembangan Ekonomi Kreatif di Pondok Pesantren Melalui Pemberdayaan Kewirausahaan Santri Menuju Era Digital 5.0. ALIF.
Baroroh, U., Zukrufiana, I.R., & Qudriani, M. (2021). PENGARUH PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI DENGAN PERILAKU PACARAN GENERASI Z DI MASA PANDEMI COVID 19 PADA MAHASISWA POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA. Bhamada: Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan (E-Journal).
Budiman, S.A., & Isnaeni, F. (2019). Penyuluhan Peran Santri Dalam Menjawab Tantangan Dakwah Di Era Digital. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences.
Fadli, M., & Dwiningrum, S. (2021). PESANTREN’S DIGITAL LITERACY: An Effort to Realize the Advancement of Pesantren Education. ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam. https://doi.org/10.18860/ua.v22i2.14221.
Fadli, M.R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif.
Fathoni, M., Kadi, K., & Hakiem, N. (2019). PENGEMBANGAN MANAJEMEN SISTEM INFORMASI PONDOK PESANTREN (Pemberdayaan Santri Pondok Pesantren Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri). , 13, 41-59. https://doi.org/10.5281/ZENODO.3701221.
Fuady, A.S. (2020). PEMBAHARUAN SISTEM PENDIDIKAN DI PESANTREN. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman.
Gunawan, A.A. (2022). PENGARUH LITERASI DIGITAL PADA MEDIA ONLINE YOUTUBE TERHADAP PERILAKU GENERASI Z DALAM MENCARI INFORMASI KESETARAAN GENDER PADA LINGKUP MAHASISWA. Bandung Conference Series: Journalism.
Hasmiza, H., & Muhtarom, A. (2023). Kiai dan Pengembangan Kurikulum Pesantren di Era Digitalisasi. Arfannur.
Hayati, M., Fitriyah, L., & Pratami, F. (2022). UPAYA MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SANTRI PONDOK PESANTREN NURUL HUDA SUKARAJA UNIT AL UMAMI. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.
Himawati, U., Azizah, N., & Imron, A. (2022). Hipperealitas Sebagai Simbol Dakwah Santri Millenial Masa Pandemi Covid-19. Journal of Education Research.
Indra, H. (2017). Salafiyah Curriculum at Islamic Boarding School in the Globalization Era. Tarbiya : Journal of Education in Muslim Society, 4,74-88. https://doi.org/10.15408/TJEMS.V4I1.4960.
Ja’far, A.K. (2019). LITERASI DIGITAL PESANTREN: PERUBAHAN DAN KONTESTASI. Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman.
Karomani., Nurhaida, I., Aryanti, N.Y., Windah, A., & Purnamayanti, A. (2021). Literasi Informasi Digital: Tantangan Bagi Para Santri Dalam Menjalankan Peran Sebagai Global Citizen (Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Darussa”Adah Bandar Lampung). KOMUNIKA.
Lina, L.F., Puspaningtyas, N.D., & Dewi, P.S. (2022). Pemahaman Peluang dan Tantangan Karir di Era digital Bagi Generasi Z di SMA Negeri 1 Natar. COMMENT: Journal of Community Empowerment.
Lubis, T.W., Efendi, N., & Ginting, S.O. (2022). Kewirausahaan Untuk Generasi Z Pada Siswa Methodist Tanjung Morawa. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Mansur, C.H. (2015). PERANAN PENDIDIKAN ISLAM DI PESANTREN DALAM MENGANTISIPASI DAMPAK NEGATIF ERA GLOBALISASI (Penelitian di pondok pesantren Nurul Huda A1-Manshuriyyah Kampung Cimaragas Desa Karangsari Kecamatan Pangatikan Kabupaten Garut).
Masyarakat, J.K., Indonesia, M., Dirawan, G.D., Darma, D., Andayani, & Pertiwi, N.I. (2023). Peningkatan Literasi Digital pada Santri Pesantren Syeh Hasan Yamani memanfaatkan Aplikasi Canva. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia.
Muhsin, M., Martono, S., Kusumantoro, K., Nurkhin, A., & Hobar, A. (2021). IMPROVING THE LEADERSHIP COMPETENCY OF PONDOK PESANTREN TEACHERS THROUGH GROWING LEADERSHIP TRAINING IN FACING THE CHALLENGES OF THE DIGITAL ERA. Indonesian Journal of Devotion and Empowerment.
Mustofa, M., & Budiwati, B. (2019). PROSES LITERASI DIGITAL TERHADAP ANAK: Tantangan Pendidikan di Zaman Now. Pustakaloka.https://doi.org/10.21154/PUSTAKALOKA.V11I1.1619.
Nadhiroh, A.Y., Suciati, D.W., Nafila, D., Nurmaliya, E., & Fara, N.M. (2021). PKM Peningkatan Pendapatan pada Bidang Keputrian Wilayah Az-Zainiyah Pondok Pesantren Nurul Jadid melalui Strategi Pemasaran Berbasis Web. GUYUB: Journal of Community Engagement.
Nastiti, F., & Abdu, A. (2020). Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0., 5, 61-66. https://doi.org/10.17977/um039v5i12020p061.
Nongbri, B. (2021). Virtual Education for Engaging Gen-Z Students in Meaningful Learning: Its Psychological Impact. Spectrum: Humanities, Social Sciences and Management. https://doi.org/10.54290/spectrum/2021.v8.2.0010.
Paramita, C., Andono, P.N., Sudibyo, U., Rafrastara, F.A., & Supriyanto, C.S. (2023). Menavigasi Dunia Digital dengan Meningkatkan Literasi Office, TI, dan Internet di Kalangan Siswa-Siswi Pondok Pesantren Raudhatul Qur'an. ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT.
Permana, H., Wahyudin, U.R., Herdiana, Y., & Irwansyah, R. (2023). Pelatihan Perencanaan Pembiayaan Pendidikan dalam Peningkatan Mutu Pondok Pesantren Al Mushlih Karawang. Jurnal Abdimas Peradaban.
Prastyo, A.T. (2022). Model Budaya Literasi Digital pada Pondok Pesantren Berbasis Perguruan Tinggi di Masa Covid-19. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan).
Purwowidodo, A. (2016). DIALECTICS OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY AND REPOSITION ISLAMIC EDUCATION (PAI) TEACHER’S ROLE IN GLOBALIZATION ERA. Episteme: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 11, 311-338. https://doi.org/10.21274/epis.2016.11.2.311-338.
Putra, R.A. (2019). Diskursus Branding Perempuan Pondok Pesantren di Instagram (Studi Kasus Pondok Pesantren Modern Gontor Putri 1). Jurnal Dakwah dan Komunikasi.
Rahardjo, M. (2018). Studi Teks dalam Penelitian Kualitatif.
Rahayu, R.S. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Literasi Keuangan Digital: Studi pada Generasi Z di Indonesia. Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia.
Rahman, F. (2019). Digital Media Literacy for the Better Santri: Reconsidering the Power of Internet for the Students of Traditional Pesantren. EngRN: Operations Research (Topic). https://doi.org/10.2139/ssrn.3736773.
Ridwan, M., Am, S., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah. Jurnal Masohi.
Rofi’i, A., & Fakhrurozi, R. (2022). Penyuluhan Tentang Aktualisasi Budaya Literasi Bagi Santri di Lembaga Pondok Pesantren. Papanda Journal of Community Service.
Sachdeva, D. (2016). Gen Z – THE TECHILICIOUS GENERATION Case Study of a Digitally Hooked Gen Zee. TIJ's Research Journal of Social Science & Management - RJSSM, 6.
Sarifuddin, S. (2021). Penerapan Bimbingan Klasikal dengan Metode Brainstorming atau Curah Pendapat untuk Meningkatkan Pemahaman Konseli Generasi Z pada Topik Dampak Smartphone dan Media Sosial di Kelas XII MIPA.1 Semester 1 SMAN 4 Kota Bima Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI).
Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2018). Implementation of Digital Literacy Through E-learning in Learning Process at Pesantren University. . https://doi.org/10.2991/iccsr-18.2018.14.
Setyaningsih, R., Abdullah, A.Y., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2018). Pemberdayaan Dosen Dalam Penguatan Literasi Digital Untuk Pengembangan Pendidikan di Universitas Pesantren. Khadimul Ummah.
Setyaningsih, R., Abdullah, A.Y., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2020). Model Edukasi Kreatif Pesantren Melalui Pemanfaatan E-Learning Di Era Digital. Jurnal ilmu Komunikasi, 16, 238-246.
Supratman, SS., M.Si, D.L., Rina, N., & Wahyuning Astuti, S. (2022). PEMBELAJARAN APLIKASI KONTEN DIGITAL DAKWAH PADA AKUN YOUTUBE HABIM TV. Charity.
Susanto, D. (2019). OPTIMALISASI FUNGSI PESANTREN SEBAGAI AGEN PENGEMBANGAN SDM PERSPEKTIF DAKWAH. Hikmah. https://doi.org/10.24952/hik.v12i2.890.
Susyanto, B. (2022). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Digital. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.
Susyanto, B. (2022). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Digital. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.
Sya’roni, A.I., & Nisa, D.C. (2023). PERAN PESANTREN DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI DIGITAL SANTRI DI FORUM LINGKAR PENA (FLP) DARUL ULUM BANYUANYAR. Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian keIslaman.
Ulfah, A. (2022). MODEL LITERASI DIGITAL DALAM UPAYA MENGURANGI KESENJANGAN DIGITAL UNTUK SANTRI MENUJU INDONESIA EMAS 2045. HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora.
Urano, S., Kawane, T., Kanbara, S., & Shaw, R. (2022). Immersive learning based on an attempt at global cultural exchange. Social Work and Social Welfare. https://doi.org/10.25082/swsw.2022.01.005.
Wahyudi, D., & Kurniasih, N. (2021). Narasi Perempuan dan Literasi Digital di Era Revolusi Industri 4.0. SETARA: Jurnal Studi Gender dan Anak.
Windiarti, I.S., Miftahurrizqi, & Haryanto, D. (2022). Peningkatan Literasi Digital Melalui Pelatihan Pengelolaan Website Di Pondok Pesantren Salafiyah Iqro Palangkaraya. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI.
Yanto, A., Dianto, A., Bastian, D., & Kurniawan, M.E. (2023). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM KEPAHIANG. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan.
Zabidi, M.N., & Tamami, A.B. (2021). Keefektifan Upaya Meningkatkan Literasi Digital Pada Pesantren Rakyat Di Al-Amin Sumberpucung Malang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2, 48-58.
Zubair, M., Alqadri, B., Artina, F., & Fauzan, A. (2021). Sosialisasi Bahaya Penyebaran Paham Radikalisme Melalui Literasi Media Online Di Pondok Pesantren Unwanul Falah NW Paok Lombok, Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
Zulkarnain, L. (2023). The Role of Pesantren Leaders in the Digital Age. JOURNAL OF MULTI-DISCIPLINES SCIENCE (ICECOMB).

