DESKRIPSI KEPUASAN PEMBELAJARAN ONLINE PADA MAHASISWA PRODI TEKNIK KOMPUTER

  • Nailis Sa'adah Universitas Serambi Mekkah

Abstract

Saat Covid-19 yang melanda Indonesia pada awal tahun 2020 lalu, Pembelajaran Online mulai diberlakukan di semua instansi pendidikan. Banyak perbedaan yang dirasakan mahasiswa ketika mengikuti pembelajaran online. Perbedaan ini berkaitan dengan perbedaan metode dan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi pembelajaran online. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan melibatkan metode Survei. Survei dilakukan dengan teknik pengambilan data melalui kuisioner yang dibagikan kepada para responden untuk mengisi pertanyaan yang berkaitan dengan indikator-indikator kepuasan pembelajaran, seperti Accuracy, Content, Easy of Ese, Form dan Timeleness. Adapun responden terdiri dari mahasiswa Jurusan Teknik Komputer yang pernah mengikuti kegiatan perkuliahan online. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak mayoritas mahasiswa memeberikan jawaban puas terhadap proses pembelajaran online. Persentase mahasiswa yang menilai memuaskan pada setiap indikator kepuasan pembelajaran adalah 49% keatas. Pada persentase skor indeks, persentase setiap indikator berada pada interval 60-79,99%. Hal ini menunjukkan mahasiswa puas terhadap pembelajaran online yang diterapkan pada masa Covid-19 lalu

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] https://bnpb.go.id/, 2020
[2] Prasetya T A dan Harjanto C T, Pengaruh mutu pembelajaran online dan tingkat Kepuasan mahasiswa terhadap hasil belajar saat Pandemi covid19, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 2020. Vol. 17, No. 2, P-ISSN : 0216-3241 E-ISSN : 2541-0652
[3] Sri M J, Pemy C, Syamsul, 2023, Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19, JAS-PT Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi ISSN 2580 – 5339 eISSN 2620 – 5718
[4] Yi-Shun Wang, Assessment of learner satisfaction with asynchronous electronic learning systems”, Information & Management. 2023 vol. 41, no. 1, pp. 75–86
[5] Nissa, N. K., Erawantini, F., & Roziqin, M. C. Evaluasi Kariadi Information System pada Petugas Koding Rawat Jalan di RSUP dr. Kariadi Semarang.J-REMI: Jurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan. 2020. 1(3), 120-128.
[6] I. Purwandani, Pengukuran Tingkat Kepuasan Mahasiswa Penggun a Elearningdengan Menggunakan End User Computing (EUC) Satisfaction Studi Kasus: Akademi Bina Sarana Informatika, Seminar Nasional Inovasi dan Tren (SNIT. 2018
[7] Asti Shofi Damayanti,Evaluasi Kepuasan Pengguna Aplikasi Tapp Market Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 2018. vol. 2, no.11, pp. 4833-4839
[8] T. Husain, Analisis End-User Computing Satisfaction (EUCS) Dan WebQual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna. Jatisi. 2018. vol.4, no. 2, pp.164-176
[9] Erick Sorongan,”Pengaruh Variabel Kualitas Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Model EUCS”. Jurnal Resti (Rekayasa sistem dan Teknologi Informasi).2019. vol.3, No.1, pp.23-28
[10] Ahmad Fitriansyah, “Pengukuran Kepuasan Pengguna Situs Web Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)”. Jurnal Sistem Informasi. 2018. Vol. 02, No. 01, PP. 1-8
Published
2024-02-07
Abstract views: 110 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 87