PENGARUH FASILITAS LABORATORIUM KOMPUTER, PENGUASAAN KOMPUTER, AKUNTANSI DASAR, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI ACCURATE SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 3 BANGKALAN
Abstract
Pembelajaran dalam kurikulum 2013 menitikberatkan pada proses bukan hanya hasil, dalam prosesnya ada 4 hal yang diperoleh siswa dari setiap mata pelajaran, yaitu sikap, keterampilan, pengetahuan dan perilaku. Melalui keempat aspek tersebut diharapkan siswa tidak hanya pandai tetapi juga memiliki keterampilan yang nanti pasti akan dibutuhkan di masa mendatang. Tujuan penelitian ini antara lain untuk membuktikan: 1) fasilitas laboratorium komputer kelas XI Akuntansi di SMKN 3 Bangkalan, 2) penguasaan komputer siswa kelas XI Akuntansi di SMKN 3 Bangkalan, 3) penguasaan akuntasi siswa kelas XI Akuntansi di SMKN 3 Bangkalan, 4) efikasi diri siswa kelas XI Akuntansi di SMKN 3 Bangkalan, dan 5) pengaruh penguasaan komputer dan efikasi diri terhadap hasil belajar komputer akuntansi accurate siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 3 Bangkalan. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif karena semua data penelitian berbentuk kuantitatif. Penelitian mengumpulkan berbagai data variabel penelitian menggunakan instrumen yan telah dinyatakan valid dan variabel. Selanjutnya data yang diperoleh, dianalisis menggunakan statistik dengan rumus korelasi product moment dan korelasi ganda. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan, antara lain: 1) fasilitas laboratorium komputer siswa kelas XI Akuntansi di SMKN 3 Bangkalan cukup baik, 2) penguasaan komputer siswa kelas XI Akuntansi di SMKN 3 Bangkalan cukup baik, 3) penguasaan akuntasi siswa kelas XI Akuntasi di SMK 3 Bangkalan cukup baik, 4) efikasi diri siswa kelas XI SMKN 3 Bangkalan cukup baik, dan 5) pengaruh Penguasaan Komputer dan Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Accurate Siswa Kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 3 Bangkalan
Downloads
References
Aini, P, N, dan Taman, A. 2012. Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa KELAS XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Volume 10 Nomor 1, halaman 48-65.
Decaprio, Richard. 2013. Tips Mengelola Laboratorium Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.
Deswita, A, P. 2013. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Gaya Mengajar Guru Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pada Program Keahlian Akuntansi Siswa Kelas X Di SMKN 1 Sawahlunto, Journal of Economic dan Economic Education, Volume 2 Nomor 1, halaman 1-10.
Gie, T, L. 2004. Cara Belajar Yang Baik.Yogyakarta : Edisi kedua Gajahmada University Press.
Feist J. & Feist Gregory J. 2010. Teori Kepribadian (Edisi Ketujuh). Jakarta: Salemba Humanika.
Mariyana, dkk. 2013. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: KENCANA Predana Media Group.
Novalinda, E, Kantun,S, dan Widodo, J. 2017. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Semester Ganjil SMK PGRI 5 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017, Jurnal Pendidikan Ekonomi, Volume 11 Nomor 2, halaman 115-119.
Purwanto, Ngalim. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Siagian, S. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VIII Siswa SMP Negeri 1 Dolok Panribuan, Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 5 Nomor 2, halaman 1-14.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Penerbit Alfabeta.
Susanto, Arief. 2009. Pengenalan Komputer. Diperoleh pada 20 Nopember 2018, dari Komunitas eLearning Ilmu Komputer.com.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wahjudi, E. 2015. Penerapan Discovery Learning Dalam Pembelajaran Ipa Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX-I Di SMP Negeri 1 Kalianget, Jurnal Lensa, Volume 5 Nomor 1, halaman 1-6.
Yuliana, A, D. 2013. Tata Kelola Pemerintahan Desa Menurut PP No 72 Tahun 2005 (studi kasus Desa Tarubasan Kecamatan Karangananom Kabubaten Klaten). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta
Copyright (c) 2021 EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.