Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay dengan Berbantuan Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

  • Kusmiyati Kusmiyati Universitas Dr. Sutomo
  • Suji Rahayu Purnaningsih Universitas Dr. Sutomo
  • Sri Wahyuningtyas Universitas Dr. Sutomo
Keywords: course review horray, android, berpikir kritis

Abstract

Pemerintah berharap dengan adanya mata pelajaran matematika dapat membiasakan diri siswa untuk berpikir kritis. Namun, fakta di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa rendah. Hal yang menyebabkan situasi ini terjadi adalah sebagian besar guru belum menggunakan model pembelajaran yang inovaif dan mediaa pembelajaran yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran Course Review Horay dengan berbantuan aplikasi android ditinjau dari kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas belajar siswa, respon siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Model pembelajaran course review horay berbantuan media aplikasi berbasis android dikatakan efektif ditinjau dari kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan skor 3,71 berada pada kategori sangat aktif, (2) Model pembelajaran course review horay berbantuan media aplikasi berbasis android dikatakan efektif ditinjau dari aktivitas belajar siswa dengan skor 17,66 berada pada kategori sangat baik, (3) Model pembelajaran course review horay berbantuan media aplikasi berbasis android dikatakan efektif ditinjau dari respon siswa setiap aspek bernilai ≥ 80, (4) Model pembelajaran course review horay berbantuan media aplikasi berbasis android dikatakan efektif ditinjau dari meningkatnya kemampuan berpikri kritis siswa dengan skor rata-rata 82,31.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. Yektyastuti dan J. Ikhsan, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan Untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA,” Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa, 2016.
[2] Rini, Jekti Prihatin, Pujiastusi, “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Berbasis Pendekatan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Biologi,” Bioedukasi Vol XV No 1, p. 43, 2017.
[3] Imas Kurniasih dan Berlin Sani, Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesional Guru, Jakarta: Kata Pena, 2015.
[4] I. A. D. Astuti, R. A. Sumarni dan D. L. Saraswati, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, p. 58, 2017.
[5] M. R. Rahadi, K. I. Satoto dan I. P. Windasari, “Perancangan Game Math Adventure Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android,” Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, pp. 44-49, 2016.
[6] M. R. Muhammad Arif, “Penerapan Teknologi Game Berhitung Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Pada Siswa Tingkat Sekolah Dasar,” Jurnal Ilmiah Edutic, 2016.
[7] Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru, Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2013.
[8] A. Shoimin, Model Pembelajaran Inovatif, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
[9] U. Jajah, Aspek Perkembangan dan Pengujian Pendidikan, Jakarta: Balitbang, 2016.
[10] A. Fisher, Berpikir Kritis, Sebuah Pengantar, Jakarta: Erlangga, 2009.
Published
2022-06-30
Abstract views: 56 , PDF downloads: 36