Aplikasi Belajar Huruf Hijaiyah Berbasis Web TPA Uswatun Hasanah

  • Lutvita Dwi Iklima Universitas Nusa Putra
  • Indra Yustiana Universitas Nusa Putra

Abstract

Sejak zaman dulu, umat Islam di seluruh dunia telah menggunakan tulisan Hijaiya, atau tulisan Arab, untuk membaca Alquran. Singkatnya, huruf Hijayah merupakan langkah awal dalam membaca kitab suci Alquran. Dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca aksara Hijaiyah anak memegang peranan penting dalam proses pengasuhan, maka perlu pemilihan cara atau alat pengasuhan yang sesuai dan strategis. Situs web adalah kumpulan halaman informasi spesifik yang dapat diakses dengan mudah kapan saja, di mana saja melalui Internet, memungkinkan Anda mengakses aplikasi pendidikan di mana saja. kapanpun dan dimanapun Anda inginkan. Ini memberi pengguna akses mudah ke konten yang mereka butuhkan dengan fitur multimedia yang menggabungkan teks, foto, dan suara di perangkat yang sama. Dalam proyek saya, penulis akan membuat website pengenalan karakter Hijayyah yang menarik untuk membuat anak-anak tertarik mempelajari karakter Hijayyah.Aplikasi edukasi ini cocok untuk anak usia.3.sampai.9.tahun yang didalamnya terdapat  modul edukasi mulai dari huruf Hijayya hingga AlQuran.Pembuatan.aplikasi.Pengenalan.Huruf.Hijaiyah.ini.dikembangkan.dengan.menggunakan.bahasa.pemrograman basic seperti: HTML, Javascript, dan JQuery.

Kata kunci: Web, Hijaiyah, Anak Usia Dini, Mengaji.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Alia, C. S., Sukma, S. N., & Mandasari, R. I. M. (2021). FunRecite: Aplikasi Belajar Mengaji Al-Quran untuk Anak berbasis Augmented Reality. E-Proceeding of Applied Science Vol.7, No.5, 7(5), 2003–2007.
[2] Batubara, N. R., Simanjorang, E. F. S., & Siregar, N. A. (2022). Peningkatan Minat Belajar Mengaji dan Pengetahuan Tentang Islam Melalui Aplikasi Marbel Mengaji di Madrasah Ibtidaiyah. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 330.
[3] Dan, P. S. A. (2019). Pengembangan sistem al-islam dan kemuhammadiyahan terpadu berbasis website. Idc, 140–147.
[4] Rachmanto, A. D., & Ayuningsih, aini. (2021). Perancangan Aplikasi Belajar Mengaji Ilmu Tajwid Berbasis Android. Jurnal FIKI, XI(1), 2087–2372.
[5] Viska, M. U. (2006). KEPOTAJWID: Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajiwid Berbasis Web Interaktif. Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Ijai/Article/View/20880, 1999(December), 1–6.
[6] Setiawan, Didik, Buku Sakti Pemprograman Web HTML, CSS, PHP, MySQL & Javascript. Yogyakarta : START UP, 2017.
[7] Hidayatullah, Priyanto dan Kawistara, Jauhari Khairul, Pemprograman WEB. Bandung : Informatika Bandung, 2020.
[8] Sidik, Betha,“Pemrograman W¬eb dengan PHP”. Bandung:Informatika, 2012.
[9] Abdul,Kadir Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi, Yogyakarta:Andi, 2014
[10] Efendi, R., Purwandari, E. P., & Aziz, M. A. (2015). Aplikasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis Marker Augmented Reality Pada Platform Android. Pseudocode.
[11] Janti, S. (2017). Animasi Edukasi Interaktif Tes Kemampuan Konsentrasi dengan Permainan Tebak Warna. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, ISSN. 2442-2436, III(1), 106-113.
[12] Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology (IJCET), pISSN 2252-7125, e-ISSN 2502- 4558, 6(2), 79-83.
[13] Ratnasari, A., & Haji, W. H. (2018). Developing Interface Design of Interactive Multimedia for Learning English in Senior High School. International Journal of Scientific Research in Computer Science, Engineering and Information Technology (IJSRCSEIT), ISSN: 2456-3307, 3(6), 317-323.
Published
2022-12-19
Abstract views: 35 , PDF downloads: 26