Perancangan Aplikasi Pengantaran Barang Berbasis Mobile
Abstract
Perkembangan teknologi kini makin berkembang pesat di berbagai lapisan ilmu seperti pada perkembangan ilmu pengetahuan yang banyak melalukan perubahan system kearah system digital dalam pemecahan permasalahannya. Pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran dianggap mampu meningkatkan minat dalam meningkatkan teknologi tersebut. Kegiatan pengantaran barang merupakan salah satu kegiatan yang sangat sering dilakukan oleh masyarakat di Indonesia, baik itu masyarakat umum maupun dari perusahaan besar sekalipun. Barang yang mau dikirim atau diantar sangat beragam jenisnya, mulai dari yang kecil sampai yang besar. Di Kota Batam banyaknya usaha UMKM yang membutuhkan jasa pengiriman barang. Namun selama ini belum ada sistem atau aplikasi yang membantu memberi kemudahan bagi masyarakat untuk pemesanan angkutan pengantaran barang, sehingga kurang maksimalnya pelayanan jasa dalam pengantaran barang. Pada penelitian ini penulis merancang aplikasi pengantaran barang berbasis android. Sehingga masyarakat ataupun perusahaan dapat memesan pengangkutan dengan menggunakan smartphone yang memiliki sistem operasi android yang dapat digunakan kapan saja dan dimana saja. Aplikasi yang dirancang menggunakan bahasa pemrograman Java dan menggunakan Android Studio. Dengan adanya perancangan aplikasi ini nantinya akan mempermudah proses pemesanan, pengamanan, dan pelayanan pengantaran barang.
Downloads
References
A. Shiddicky and S. Agustian, “Jurnal Computer Science and Information Technology ( CoSciTech ) menggunakan metode logistic regression,” vol. 3, no. 2, pp. 91–98, 2022.
R. Gunawan, R. Septiadi, F. Apri Wenando, H. Mukhtar, and Syahril, “K-Nearest Neighbor (KNN) untuk Menganalisis Sentimen terhadap Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada Komentar Twitter,” J. CoSciTech (Computer Sci. Inf. Technol., vol. 3, no. 2, pp. 152–158, 2022, doi: 10.37859/coscitech.v3i2.3841.
R. Alviero and E. Suratno, “Perancangan Sistem Informasi Jasa Pengiriman Barang Pada CV. Sumber Makmur Jambi,” J. Ilm. Mhs. Sist. Inf., vol. 2, no. 3, pp. 200–213, 2020.
D. A. Afit Muhammad Lukman, “aplikasi mobile memiliki user interface dengan mekanisme interaksi unik yang disediakan oleh platform mobile . Aplikasi mobile juga telah dirancang khusus untuk platform mobile ( misalnya IOS , android , atau windows mobile ).,” Evolusi, vol. 7, no. 2, pp. 58–65, 2019.
S. Anwar, I. Nugroho, and E. Lestariningsih, “Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Mobile Semarang Guidance Pada Android,” Dinamik, vol. 20, no. 2, p. 243541, 2013.
R. G. Guntara, “Jurnal Computer Science and Information Technology ( CoSciTech ) Ear Disease Detection Application Based On Android Using Clarifai Api And K-Nearest Neighbor,” vol. 3, no. 2, pp. 81–90, 2022.
N. Nurhidayati and A. M. Nur, “Pemanfaatan Aplikasi Android Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Persebaran Indekos di Wilayah Pancor Kabupaten Lombok Timur,” Infotek J. Inform. dan Teknol., vol. 4, no. 1, pp. 51–62, 2021, doi: 10.29408/jit.v4i1.2989.
F.- Sonata, “Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer,” J. Komunika J. Komunikasi, Media dan Inform., vol. 8, no. 1, p. 22, 2019, doi: 10.31504/komunika.v8i1.1832.
Suendri, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan),” J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 1, pp. 1–9, 2018.
I. Mahendra and D. T. Eby Yanto, “Agile Developmentmethods Dalam Pengembangan Sistem Informasi Pengajuan Kredit Berbasis Web (Studi Kasus : Bank Bri Unit Kolonel Sugiono),” J. Teknol. Dan Open Source, vol. 1, no. 2, pp. 13–24, 2018.