Simulasi Deteksi Golongan Kendaraan pada Gerbang Tol Menggunakan YOLOv4

  • Reny Medikawati Taufiq Universitas Muhammadiyah Riau
  • Sunanto
  • Yoze Rizki Universitas Muhammadiyah Riau
  • M. Rizki Amanda Pratama Universitas Muhammadiyah Riau

Abstract

Jalan tol merupakan infrastruktur vital yang  membuat pelayanan distribusi barang dan jasa menjadi lebih produktif dan efisien. Namun pada kenyataannya, di kota besar tingginya kemacetan juga terjadi di jalan tol. Salah satu titik rawan kemacetan adalah di gerbang tol. Kemacetan ini tidak hanya terjadi pada jam sibuk, tetapi juga  terjadi sepanjang hari. Kemacetan disebabkan waktu tunggu pada proses pembayaran. Kemacetan yang terjadi di Gerbang Tol Otomatis (GTO) Multi Kendaraan salah satunya disebabkan oleh adanya proses penentuan golongan kendaraan secara manual oleh petugas pada control room. Kendaraan yang menggunakan jalan tol digolongkan kedalam 5 golongan berdasarkan jumlah gandar. Petugas melihat satu persatu kendaraan yang melintas dan menentukan golongan kendaraan tersebut, biaya tol yang harus dibayar oleh pengguna jalan tol adalah bedasarkan golongan kendaraan yang digunakan.

Kemacetan pada  jalan tol menimbulkan dampak negatif seperti seperti pemborosan bahan bakar dan waktu, dan juga dampak lingkungan yang dapat menyebabkan kerugian secara ekonomi. Oleh sebab itu, pada penelitian ini akan dilakukan simulasi deteksi golongan kendaraan pada gerbang tol dengan menggunakan teknologi computer vision dan deep learning, dengan algoritma Yolov4. Dengan adanya pendeteksian golongan kendaraan secara otomatis maka diharapkan waktu tunggu pada gerbang tol dapat memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) Jalan Tol yaitu maksimal 5 detik. Dataset berupa 650 gambar golongan kendaraan, setelah di augmentasi menjadi 1547 gambar. Proses training dilakukan menggunakan Google Colabs. Video rekaman lalu lintas kendaraan yang sedang berjalan akan menjadi inputan pada pengujian implementasi aplikasi Python. Dari pengujian yang telah dilakukan dapat dilihat bahwa model sudah dapat mendeteksi golongan kendaraan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-23
How to Cite
Taufiq, R. M., Sunanto, Rizki, Y., & Pratama, M. R. A. (2022). Simulasi Deteksi Golongan Kendaraan pada Gerbang Tol Menggunakan YOLOv4. Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), 3(2), 199-206. https://doi.org/10.37859/coscitech.v3i2.3928
Abstract views: 500 , pdf (Bahasa Indonesia) downloads: 536