Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Pegawai Di Klinik Bunda Medical Center (BMC) Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

  • Yulia Fatma Universitas Muhammadiyah Riau
  • Januar Al Amien Universitas Muhammadiyah Riau
  • Riski Hakiki Universitas Muhammadiyah Riau
  • Febby Apri Wenando Universitas Muhammadiyah Riau

Abstract

Penilaian kinerja merupakan suatu proses organisasi dalam menilai untuk kinerja pegawainya. Tujuan dilakukan penilaian kinerja untuk memberikan feedback kepada pegawai dalam upaya meningkatkan produktivitas organisasi, dan secara khusus dilakukan dalam kaitannya dengan berbagai kebijaksanaan terhadap pegawai diberikan bonus gaji dan mengevaluasi dari hasil kinerja pegawai. Masalah inilah yang membuat Klinik Bunda Medical Center (BMC)  mencari solusi agar penilaian kinerja pegawai dapat dilakukan secara adil, realistis valid dan relevan. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Penilaian Kinerja pegawai adalah sebuah sistem yang dapat membantu HRD dalam menentukan keputusan pegawai dengan kinerja yang baik untuk mendapatkan bonus gaji. Kriteria yang digunakan untuk mengukur kinerja pegawai ada 5 kriteria, yaitu Kedisiplinan, Team Work,Kejujuran,Tanggung Jawab,Tepat Waktu. Sistem ini menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) yang merupakan metode penilaian yang diukur dari nilai suatu bobot kriteria yang dikelompokan dalam bobot nilai kriteria yang bersifat benefit. Dengan menggunakan sistem pendukung keputusan ini dapat membantu HRD untuk dalam melakukan penilaian kinerja pegawai di Klinik Bunda Medical Center (BMC). Hasil akhir penghitungan dari SAW, menunjukkan bahwa alternatif A5 atas nama Miftakhul Jannah, S.Kom, adalah pegawai terbaik dengan jumlah nilai tertinggi yaitu 1.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-20
How to Cite
Fatma, Y., Januar Al Amien, Riski Hakiki, & Apri Wenando, F. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Pegawai Di Klinik Bunda Medical Center (BMC) Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), 2(2), 66-73. https://doi.org/10.37859/coscitech.v2i2.2961
Abstract views: 304 , pdf (Bahasa Indonesia) downloads: 336