IMPLEMENTASI TEXT TO SPEECH DALAM APLIKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DASAR DENGAN AUGMENTED REALITY

  • Hasanatul Fu’adah Amran Universitas Muhammadiyah Riau
  • Reny Medikawaty Taufiq
  • Abulkhair Asrul Abdurrahim
  • Harun Mukhtar Universitas Muhammadiyah Riau

Abstract

Ilmu matematika adalah ilmu dasar yang menunjang ilmu yang lain dalam pengaplikasiannya. Oleh karena itu pemahaman matematika dengan benar akan berimplikasi terhadap kemampuan dalam mengkaji beberapa ilmu yang berkaitan dengan matematika. Penelitian ini mengembangkan aplikasi pembelajaran matematika dasar berbasis augmented reality yang dapat memberikan edukasi kepada siswa dengan media yang berbeda agar meningkatkan minat siswa dalam belajar matematika. Aplikasi ini menggunakan library vuforia sdk yang mampu menampilkan karakter 3 dimensi dengan teknik markerless dalam bentuk augmented reality. Hasil akhir dari penelitian ini berupa aplikasi yang dapat digunakan pada smartphone dengan sistem operasi android, berdasarkan hasil pengujian terhadap aplikasi didapat kesimpulan bahwa penelitian dan pembuatan aplikasi pembelajaran matematika dasar berbasis augmented reality telah berhasil dilaksanakan dan telah dilakukan serangkaian pengujian untuk menguji kemampuan dari aplikasi tersebut. Dari hasil pengujian yang dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada siswa/ siswi yang duduk dibangku Sekolah Dasar, dari kelas 3 (tiga) sampai kelas 6 (enam). Hasil persentase dari jawaban siswa yang menjawab benar adalah 97 persen (%) dan yang salah adalah 3 persen (%), maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran matematika dasar berbasis augmented reality dapat membantu siswa/ siswi dalam mempelajari matematika dengan media pembelajaran dan dapat membantu siswa belajar matematika dimana saja dengan mudah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, S., Lumenta, A. S. M. and Robot, J. R. (2014) ‘Implementasi Teknologi Augmented Reality pada Agen Penjualan Rumah’, E-Journal Teknik Elektro Dan Komputer, 3(5), pp. 19–25.
Ananda, T. A. et al. (2015) ‘Penerapan Augmented Reality Sebagai Planet-Planet Di Tata Surya’, Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, 1(1), pp. 1–5.
Apriyani, M. E. and Gustianto, R. (2015) ‘Augmented Reality sebagai Alat Pengenalan Hewan Purbakala dengan Animasi 3D menggunakan Metode Single Marker’, JURNAL INFOTEL - Informatika Telekomunikasi Elektronika, 7(1), p. 47. doi: 10.20895/infotel.v7i1.29.
Arbie, S. P. et al. (2013) ‘Rancang Bangun Aplikasi Text to Speech Bahasa Indonesia’, E-Journal Teknik Elektro Dan Komputer, 2(3), pp. 57–62.
Hasanah, U. and Jaroji, J. (2016) ‘Aplikasi Dongeng Berbasis Text to Speech Untuk Platform Android’, Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 7(2), pp. 82–88. doi: 10.31849/digitalzone.v7i2.599.
Herlandy, P. B., Doni, R. and Mukhtar, H. (2018) ‘Buku Bergambar Sebagai Media Pembelajaran Kisah Sahabat Nabi Dengan Pemanfaatan Augmented Reality’, Rabit : Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, 3(1), pp. 22–29. doi: 10.36341/rabit.v3i1.415.
Kamelia, L. (2019) ‘Semar’, Noviembre 2018, IX(1), p. 1. Available at: https://www.gob.mx/semar/que-hacemos.
Kandaga, T. and Sakkung, A. F. (no date) ‘Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Aplikasi Perancangan Interior Ruangan Menggunakan FLARToolkit’, pp. 167–179.
Muhammad Rifa’i1*, Tri Listyorini1, A. L. (2010) ‘Penerapan Teknologi Powder’, Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Aplikasi Katalog Rumah Berbasis Android, pp. 0–18. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.
Mustika (2018) ‘Rancang Bangun Aplikasi Sumsel Museum Berbasis Mobile Menggunakan Metode Pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC)’, Jurnal Mikrotik, 8(1), pp. 1–14. Available at: https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/mikrotik/article/view/746/548.
Nugraha, I. S., Satoto, K. I. and Martono, K. T. (2014) ‘Pemanfaatan Augmented Reality untuk Pembelajaran Pengenalan Alat Musik Piano’, Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 2(1), pp. 62–70. doi: 10.14710/JTSISKOM.2.1.2014.62-70.
Pramono, A. and Setiawan, M. D. (2019) ‘Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Buah-Buahan’, INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 3(1), p. 54. doi: 10.29407/intensif.v3i1.12573.
Quraish, Q., Kridalukmana, R. and Martono, K. T. (2016) ‘Buku Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android’, Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 4(1), p. 102. doi: 10.14710/jtsiskom.4.1.2016.102-108.
Relifian, R. R. and Wibawa, S. C. (2018) ‘PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI PENGAMBILAN SUDUT GAMBAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE MARKERLESS AUGMENTED REALITY BERBASIS Ramadhani Rani Relifian Setya Chendra Wibawa Abstrak’.
Rio, U., Erlinda, S. and Haryono, D. (2016) ‘Implementasi Model Mobile Augmented Reality e-Booklet untuk Mempromosikan Object Wisata Unggulan Provinsi Riau dengan metode 3D Object Tracking’, INOVTEK Polbeng - Seri Informatika, 1(2), p. 177. doi: 10.35314/isi.v1i2.137.
Setiawan, H., Mukhtar, H. and Soni (2019) ‘APLIKASI PENGENALAN SITUS BERSEJARAH DI KOTA PEKANBARU DENGAN AUGMENTED REALITY MARKERLESS BERBASIS ANDROID’, 10(3), pp. 211–215.
Setyawati, E. (2018) ‘Aplikasi Pengenalan Jenis Keris Tradisional Dengan Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android’, pp. 590–595.
Sugiyani, Y., Siswanto, S. and Apriska, I. (2017) ‘Pengenalan Jenis Sayuran Dalam Bahasa Inggris Berbasis Android Menggunakan Metode Audiolingual’, Prosiding Seminar Nasional Riset Terapan | SENASSET, 0(0), pp. 67–76. Available at: http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/senasset/article/view/427/453.
Usman, M. I., Ernawati and Coastera, F. F. (2015) ‘Rancang Bangun Augmented Reality Dengan Menggunakan Multiple Marker Untuk Peragaan Pergerakan Model Kerangka Tubuh Manusia’, Rekursif, Jurnal, 3(2), pp. 146–156.
Yudhistiro, K. (2016) ‘Pemanfaatan Teknologi Text-To-Speech Sebagai Media Pembelajaran Pada Laboratorium Bahasa Inggris’, Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika, 2(1), pp. 65–71. doi: 10.26905/jtmi.v2i1.622.
Published
2022-08-24
How to Cite
Fu’adah Amran, H., Medikawaty Taufiq, R., Asrul Abdurrahim, A., & Mukhtar, H. (2022). IMPLEMENTASI TEXT TO SPEECH DALAM APLIKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DASAR DENGAN AUGMENTED REALITY. Journal of Software Engineering and Information Systems (SEIS), 2(2), 28-35. Retrieved from https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/SEIS/article/view/3999
Abstract views: 20 , PDF downloads: 24