Pengembangan UMKM Kuliner Tradisional melalui Proses Produksi dan Inovasi Produk pada PT Bakpia Juwara Satoe Yogyakarta

Authors

  • Fany Susila UNDIKNAS
  • Ni Made Widiastuti Pramesti Ningsih
  • Putu Sri Arta Jaya Kusuma Universitas Pendidikan Nasional
  • Anak Agung Ira Maha Diva Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.37859/jpumri.v9i2.9953
Keywords: bakpia, pengembangan UMKM, inovasi produk, proses produksi, kemasan vakum

Abstract

UMKM kuliner tradisional menghadapi tantangan untuk tetap kompetitif di tengah perubahan preferensi konsumen dan perkembangan teknologi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pengembangan UMKM melalui efisiensi proses produksi dan inovasi produk berbasis kebutuhan pasar modern. Metode yang digunakan adalah observasi langsung terhadap proses produksi dan strategi inovasi yang diterapkan PT Bakpia Juwara Satoe di Yogyakarta. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa penggunaan mesin otomatis dan kemasan vakum modern mampu meningkatkan efisiensi, menjaga kualitas, dan memperpanjang masa simpan produk tanpa bahan pengawet kimia. Di sisi lain, pengembangan varian rasa bakpia, baik basah, kering, maupun crispy terbukti meningkatkan daya tarik produk dan memperluas segmen konsumen, terutama melalui pemasaran digital. Strategi diferensiasi warna kemasan juga memperkuat citra merek dan mempercepat pengenalan produk di pasar. Dengan mengintegrasikan teknologi produksi, inovasi varian rasa, dan strategi pemasaran visual, PT Bakpia Juwara Satoe menjadi contoh UMKM yang adaptif dan berkelanjutan dalam menghadapi dinamika pasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

B. P. S. (BPS), Statistik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jakarta: Badan Pusat Statistik, 2021. [Online]. Available: https://share.google/Bcw5BoRc8yEzrd0U5

Darman, W. I. S. Mooduto, A. Rachman, and T. Dunggio, “Pemberdayaan UMKM ‘Motivasi dan Inovasi Dalam Strategi Pemasaran,’” Communnity Dev. J., vol. 5, no. 5, pp. 8674–8679, 2024.

K. Manendha, M. K.; Novitasari, D.; Firdarini, K. C.; Azzzahra, D.; Sugiarti, “Inovasi Variasi Píoduk Bakpia Sek’Eco, Pelatihan Sistem Manajemen Keuangan Dan Pemasaran Upaya Peningkatan Daya Saing,” J. BUDIMAS, vol. Vol. 6, no. 3, p. Hal. 10, 2024, [Online]. Available: https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/download/15285/6127/49194

I. W. Jayati, K. E., Sunia, “Pelatihan dan Pendampingan untuk Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Inovasi Produk di PT Bakpia Juwara Satoe,” J. Abdimas Kartika Wijayakusuma, vol. 6, no. 2, pp. 824–831, Jun. 2025, doi: 10.26874/jakw.v6i2.628.

I Gusti Agung Ayu Pramita Indraswari and Made Dwi Kanaka Sarahswati, “INOVASI PRODUK DAN BRANDING DALAM EKONOMI KREATIF SERTA TRANSFORMASI BISNIS TRADISIONAL: STUDI KASUS KUNJUNGAN KE BAKPIA JUWARA SATOE YOGYAKARTA,” ABDI SATYA DHARMA, vol. 2, no. 2, Dec. 2024, doi: 10.55822/absd.v2i2.573.

Rosalia Prismarini Nurdiarti, Astri Wulandari, and Mutaqin Akbar, “Peningkatan Manajemen Usaha Berbasis Creative Packaging Pada Umkm ‘Bakpia Ivan’ Di Desa Janten, Yogyakarta,” J. Pengabdi. UntukMu NegeRI, vol. 3, no. 2, pp. 127–133, 2019, doi: 10.37859/jpumri.v3i2.1448.

S. Ardi, H. A.; Samsiah, S.; Busyro, W.; Sandri, S. H.; Misral, M.; Rahmayanti, “Pemberdayaan Usaha Masyarakat Melalui Branding Produk,” J. Pengabdi. UntukMu NegeRI, vol. 1, no. 2, pp. 55–60, 2017, doi: 10.37859/jpumri.v1i2.236.

G. Wahyamaya, M. H. Areta, Z. Uqaffi, and ..., “PENGEMBANGAN KONSEP PR PACKAGE BAKPIA KUKUS KHAS YOGYAKARTA,” Desain dan Apl. Bisnis Teknol., vol. 7, no. April, pp. 241–247, 2024, [Online]. Available: https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/814

E. Halimatus, A. Septianingsih, D. Mukhreza, and N. Wulan, “Literatur Review : Pemilihan Kemasan Yang Tepat Untuk Bakpia Dalam Menjaga Kualitas Dan Daya Tarik Produk Tradisional Literature Review : Choosing the Right Packaging for Bakpia to Maintain the Quality and Appeal of Traditional Products,” vol. 4, no. 6, pp. 3466–3478, 2025.

Bakpiajuwarasatoe.com, “⁠PT Bakpia Juwara Satoe, ‘Beranda,’ Bakpia Juwara Satoe.” Accessed: Jul. 25, 2025. [Online]. Available: https://bakpiajuwarasatoe.com/

J. Anderson and N. Hidayah, “Pengaruh Kreativitas Produk, Inovasi Produk, dan Kualitas Produk terhadap Kinerja UKM,” J. Manajerial Dan Kewirausahaan, vol. 5, no. 1, pp. 185–194, 2023, doi: 10.24912/jmk.v5i1.22566.

A. Mukhlis, K. Khaeruman, S. Suflani, and I. S. Lesmana, “Strategi Pengembangan Kapasitas Produksi Umkm Sektor Makanan Dan Minuman Di Kota Serang,” Indones. J. Econ. Business, Entrep. Financ., vol. 4, no. 1, pp. 230–237, 2024, doi: 10.53067/ijebef.v4i1.154.

E. Yuliana and I. Handaruwati, “Pengaruh Konten Food Vlogger, Promosi Instagram, Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bakpia Juwara Satoe Solo,” HUMANIS J. Ilmu-Ilmu Sos. dan Hum., vol. 17, no. 1, pp. 20–30, 2025.

B. Surani, Al Haq Kamal, Febrian Wahyu Wibowo, and Baiq Ismiati, “Pengaruh Sertifikat Halal, Kualitas Produk Dan Variasi Produk Terhadap Volume Penjualan UMKM Bakpia Di Kota Yogyakarta,” PESHUM J. Pendidikan, Sos. dan Hum., vol. 4, no. 3, pp. 3846–3858, 2025, doi: 10.56799/peshum.v4i3.8206.

R. Susanti and R. W. Damayanti, “Pengaruh harga, produk, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian bakpia juwara satoe di yogyakarta,” J. Ekon. Manaj. Dan Bisnis, vol. 2, no. 1, pp. 298–314, 2024, doi: https://doi.org/10.62017/jemb.

S. Sutrisna, D. Rudy Hartana, R. Muhfidin, and A. Jehatu, “Mekanisasi Proses Pengadukan Isi Adonan Bakpia Untuk Meningkatkan Produktivitas ‘Ukm Bakpia Srimpi,’” Mitra Akad. J. Pengabdi. Masy., vol. 6, no. 2, pp. 355–359, 2023, doi: 10.32722/mapnj.v6i2.5789.

S. Pratama, O. Aditywan, and A. Fathurrizky, “Perancangan Desain Kemasan Sebagai Media Promosi Produk Kuliner Tradisional,” J. Kaji. Pariwisata, vol. 5, no. 1, pp. 11–19, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.51977/jiip.v5i1.1086

M. Herry Tampubolon, Sigit, “Peningkatan Kapasitas Produksi Dengan Mesin Teknologi Tepat Guna Pembuatan Kue Bakpia Untuk Ukm Di Surabaya,” J. Pengabdi. Masy. dan Inov. Teknol., vol. 01, no. 01, pp. 1–6, 2022.

S. Soni et al., “Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Smk Negeri 1 Bangkinang,” J. Pengabdi. Untuk Mu NegeRI, vol. 2, no. Mei 2018, pp. 17–20, 2018.

Y. D. Rahayu and Y. Prayudi, “Membangun Integrated Digital Forensics Investigation Frameworks ( IDFIF ) Menggunakan Metode Sequential Logic,” Semin. Nas. SENTIKA, vol. 2014, no. Sentika, 2014.

A. A. Aco and Riskawati;, “Penanganan Kasus Cyber Crime Di Kota Makassar (Studi Pada Kantor Kepolisian Resort Kota Besar Makassar),” J. Supremasi, vol. XI Nomor 1, no. ISSN 1412-517X, 2016.

Soni, A. Hafid, and D. Sudyana, “Analysis of Security Awareness in Using Technology and Social Media at Muhammadiyah University , Riau,” Int. J. Comput. Appl., vol. 177, 2019.

Downloads

Published

2025-08-13

How to Cite

Susila, F., Pramesti Ningsih, . N. M. W., Jaya Kusuma, P. S. A. ., & Maha Diva, A. A. I. . (2025). Pengembangan UMKM Kuliner Tradisional melalui Proses Produksi dan Inovasi Produk pada PT Bakpia Juwara Satoe Yogyakarta . Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 9(2), 372–379. https://doi.org/10.37859/jpumri.v9i2.9953