Pengenalan dan Edukasi Kecerdasan Artifisial Generatif untuk Siswa Sekolah Al-Amin Terengganu, Malaysia

Authors

  • Edi Ismanto
  • Rahmad Al Rian
  • Vitriani
  • Melly Novalia
  • Pratama Benny Herlandy

DOI:

https://doi.org/10.37859/jpumri.v9i2.9784
Keywords: Kecerdasan Artifisial Generatif, Edukasi AI, Literasi Digital, Sekolah Menengah, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Kecerdasan Artifisial Generatif (Generative Artificial Intelligence/GenAI) merupakan salah satu inovasi teknologi yang berkembang pesat dan memiliki dampak luas di berbagai sektor, termasuk pendidikan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengenalan dan edukasi mengenai konsep dasar, manfaat, serta tantangan etis dari GenAI kepada siswa Sekolah Al-Amin Terengganu, Malaysia. Metode yang digunakan meliputi penyampaian materi interaktif, demonstrasi langsung penggunaan aplikasi GenAI seperti ChatGPT dan DALL·E, serta pelaksanaan pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pemahaman peserta. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pengetahuan siswa, dengan rata-rata nilai post-test meningkat sebesar 34,5 poin dibandingkan pre-test. Siswa juga menunjukkan antusiasme tinggi dalam mencoba berbagai aplikasi AI dan mampu mengidentifikasi peluang serta risiko penggunaannya secara kritis. Kegiatan ini membuktikan bahwa literasi AI dapat ditanamkan secara efektif sejak usia sekolah melalui pendekatan edukatif yang partisipatif dan kontekstual. Diharapkan kegiatan ini menjadi langkah awal dalam membentuk generasi yang siap menghadapi tantangan era digital dengan pemahaman teknologi yang mendalam dan etis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

F. S. Rahayu, E. R. Handoyo and G. L. Pritalia, "Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) oleh Guru untuk Pembelajaran Transformatif," GIAT: Teknologi untuk Masyarakat, vol. 3, no. 2, pp. 156-166, 2024.

E. A. Sumitro, S. Romadhan and A. Puniman, "Pengaruh Penggunaan AI Generatif terhadap Kemampuan Menulis Esai Siswa SMA pada Tahun 2025," Jurnal Pendidikan Bahasa, vol. 14, no. 1, pp. 24-31, 2025.

A. Zein, "Dampak Penggunaan ChatGPT pada Dunia Pendidikan," Jurnal Informatika Utama, vol. 1, no. 2, pp. 19-24, 2023.

D. R. Rochmawati, I. Arya and A. Zakariyya, "Manfaat kecerdasan buatan untuk pendidikan," Jurnal Teknologi Komputer Dan Informatika, vol. 2, no. 1, pp. 124-134, 2023.

K. Marlin, E. Tantrisna, B. Mardikawati, R. Anggraini and E. Susilawati, "Manfaat dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligences (AI) Chat GPT Terhadap Proses Pendidikan Etika dan Kompetensi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi," Innovative: Journal Of Social Science Research, vol. 3, no. 6, pp. 5192-5201, 2023.

R. D. Susanto and I. Afriadi, "Pelatihan Public Speaking sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Komunikasi Siswa SMAN 63 Jakarta Melalui Metode Edukatif Partisipatif," Dharmahita: Journal of Community Service and Development, pp. 58-67, 2025.

T. Taqiyuddin, S. Supardi and L. L. , "Evaluasi Formatif dan Sumatif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam," Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol. 9, no. 3, pp. 1936-1942, 2024.

E. Ismanto, Vitriani and A. Safitri, "Sosialisasi & Edukasi: Optimalisasi Bakat dan Minat Siswa Berbasis Sistem Pakar Dengan Pendekatan Artificial Intelligence," Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, vol. 8, no. 3, pp. 307-312, 2024.

E. Ismanto, Vitriani and K. Anshari, "Pengembangan Media Pembelajaran e-Modul untuk Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PjBL)," Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, vol. 6, no. 2, pp. 17-24, 2022.

E. Rosita, W. Hidayat and W. Yuliani, "Uji validitas dan reliabilitas kuesioner perilaku prososial," FOKUS: Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, vol. 4, no. 4, pp. 279-284, 2021.

S. Romdona, S. S. Junista and A. Gunawan, "Teknik pengumpulan data: Observasi, wawancara dan kuesioner," JISOSEPOL: Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi dan Politik , vol. 3, no. 1, pp. 39-47, 2025.

Downloads

Published

2025-08-02

How to Cite

Ismanto, E., Rahmad Al Rian, Vitriani, Melly Novalia, & Pratama Benny Herlandy. (2025). Pengenalan dan Edukasi Kecerdasan Artifisial Generatif untuk Siswa Sekolah Al-Amin Terengganu, Malaysia . Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 9(2), 194–199. https://doi.org/10.37859/jpumri.v9i2.9784