Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Edpuzzle di SMA Negeri 3 Kejuruan Muda

Authors

  • Madhan Anis Universitas Samudra
  • Aulia Rahman Universitas Samudra
  • Okhaifi Prasetyo Universitas Samudra
  • Imam Hadi Sutrisno Universitas Samudra
  • Usman Usman Universitas Samudra

DOI:

https://doi.org/10.37859/jpumri.v9i2.9448
Keywords: kompetensi guru, media pembelajaran, interaktif, edpuzzle

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam merancang, mengembangkan, dan mengimplementasikan media pembelajaran yang interaktif, inovatif, dan sesuai dengan tuntutan pembelajaran.  Program ini penting untuk dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi tantangan yang dihadapi oleh para guru di sekolah tersebut, yang sering mengalami hambatan dalam mengintegrasikan teknologi digital ke dalam proses pembelajaran. Metode pelatihan mencakup berbagai tahapan, mulai dari perizinan, persiapan, pelaksanaan yang berlangsung dari 12-14 Juni 2025, hingga tahap monitoring dan evaluasi. Dalam pelatihan ini, sebanyak 40 guru mengikuti sesi-sesi yang meliputi dasar-dasar penggunaan fitur-fitur Edpuzzle. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan pre-test dan post-test untuk menilai peningkatan pemahaman peserta. Dengan peningkatan pemahaman sebesar 32% yang terukur dari hasil pre-test dan post-test, pelatihan ini efektif dalam memperkuat keterampilan guru untuk menciptakan materi pembelajaran yang interaktif dan menarik secara digital. Pelatihan ini mampu menjawab kebutuhan guru dalam mengintegrasikan teknologi digital ke dalam proses pembelajaran sehari-hari sehingga meningkatkan kualitas pengajaran. Hasil pelatihan tidak hanya menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan teknis guru, tetapi juga membangun sikap positif terhadap penggunaan media digital sebagai sarana pembelajaran yang efektif dan inovatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

G. Satriyono, M. Rukmini, O. W. Prihardini, and M. So, “Pelatihan Digital Marketing Dalam Meningkatan Kompetensi Siswa Untuk Berwirausaha Pada Mitra SMK Tunas Bangsa,” Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, vol. 8, no. 1, pp. 155–159, 2024.
C. Chairuddin, S. Asra, A. Rahman, and G. A. Wibowo, “Pelatihan Pengenalan Literasi Digital Bagi Siswa SMP Negeri 7 Langsa,” JILPI: Jurnal Ilmiah Pengabdian dan Inovasi, vol. 1, no. 2, pp. 197–208, 2022.
M. Khalil, H. Hasby, and O. Prasetyo, “Smart Teacher di Era Digital: Penguatan Kompetensi TPACK pada Guru JSDI Aceh Timur,” Jurnal Surya Masyarakat, vol. 7, no. 1, 2024.
T. H. Nurgiansah, “Workshop Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0,” Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, vol. 5, no. 1, pp. 1–4, 2021.
N. A. Aflahah, M. Al Farhan, H. Nadia, T. Murtiningsih, and M. Safitri, “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogi Guru MGMP Bahasa Inggris dan Informatika Tingkat SMA Barito Kuala,” Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, vol. 8, no. 2, pp. 274–279, 2024.
A. A. D. Lehan, T. R. Koroh, N. E. A. Nawa, M. K. Kota, S. Nurhabibah, and F. Fembriani, “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar,” Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, vol. 3, no. 1, pp. 21–28, 2023.
R. Nengsih, R. Hikmah, and L. S. Astuti, “Pelatihan penggunaan edpuzzle dalam pembelajaran di kelas,” E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 14, no. 2, pp. 381–387, 2023.
R. Satini, A. W. Sari, R. Sartika, and R. Yulisna, “Pelatihan Pembelajaran Menulis Poster Berbasis Aplikasi,” Gotong Royong, vol. 1, no. 2, pp. 62–67, 2024.
D. Siswanto and L. Nijal, “Pelatihan Pemanfaatan Edpuzzel Dalam Peningkatan Tekhnopreunership Pembelajaran Secara Interaktif Bagi Peserta Didik Di Sman 7 Pekanbaru,” J-COSCIS: Journal of Computer Science Community Service, vol. 4, no. 1, pp. 72–78, 2024.
E. Ismanto and K. Anshari, “Pengembangan media pembelajaran e-modul untuk pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL),” Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, vol. 6, no. 2, pp. 17–24, 2022.
I. Fauzi, D. Ariani, A. Aziz, N. Herawati, and U. Ulfamiyati, “Pelatihan Pembuatan Karikatur 3D Melalui Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Bagi Guru KB Belia Puraya,” PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 4, no. 1, pp. 49–55, 2024.
D. Octaria, A. Isroqmi, and A. M. Retta, “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Edpuzzle Bagi Pendidik Se-Kabupaten Musi Banyuasin,” PKM Linggau: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 7–15, 2023.
A. Rachman et al., “Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Interaktif Berbantuan Aplikasi Edpuzzle bagi Guru Smpn 4 Harau Kabupaten Lima Puluh Kota,” Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 4, no. 5, pp. 10928–10933, 2023.
Y. Efendi, U. Rio, R. Muzawi, R. Yanti, and H. Yenni, “Pelatihan Teknologi Mobile Dalam Penerapan Sistem Smart School Pada Smk N 1 Bangko,” Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, vol. 3, no. 2, 2019.
Anis Madhan, Rahman Aulia, Setyoko Setyoko, and Prasetyo Okhaifi, “Pelatihan Media Digital Berbasis Online Platform Bagi Guru di SMA Negeri 3 Kejuruan Muda,” JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, vol. 13, no. 2, 2023.

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

Anis, M., Rahman, A., Prasetyo, O., Hadi Sutrisno, I., & Usman, U. (2025). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Edpuzzle di SMA Negeri 3 Kejuruan Muda. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 9(2), 223–228. https://doi.org/10.37859/jpumri.v9i2.9448