Pemanfaatan Canva Untuk Pembuatan Media Presentasi di Lingkungan PRA Ngadisuryan
DOI:

Abstract
Memiliki kemampuan membuat presentasi yang baik dan informatif sangat penting di era digital, namun ibu-ibu dan remaja putri di lingkungan PRA Ngadisuryan menghadapi kendala kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam desain grafis serta akses sumber belajar yang terbatas. Pengabdian ini bertujuan meningkatkan kemampuan mereka melalui pelatihan pemanfaatan Canva sebagai alat desain presentasi yang mudah digunakan. Metode pelaksanaan meliputi penyuluhan, pengenalan fitur Canva, praktik langsung pembuatan presentasi, serta diskusi dan evaluasi hasil karya peserta. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta dalam membuat media presentasi yang menarik dan efektif. Luaran kegiatan berupa publikasi jurnal pengabdian masyarakat, video dokumentasi, dan artikel media massa, diharapkan dapat memperluas dampak positif pelatihan ini dan menjadi sumber belajar berkelanjutan bagi masyarakat.
Downloads
References
[2] S. Junaedi, “Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Mahasiswa Pada Mata Kuliah English for Information Communication and Technology,” Bangun Rekaprima, vol. 7, no. 2, p. 80, 2021, doi: 10.32497/bangunrekaprima.v7i2.3000.
[3] W. S. Satiti, F. Umardiyah, F. Hidayatulloh, N. F. Munfarida, M. Fatmawati, and A. Hanafi, “Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva untuk Remaja di Desa Kalikejambon,” Inform. J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 3, pp. 2774–8529, 2022.
[4] M. D. M. Nur and Hartati, “Eksplorasi Pengalaman Mahasiswa Menggunakan Canva untuk Meningkatkan Kualitas Presentasi pada Mata Kuliah Media dan Teknologi Pembelajaran PAI,” Uindatokarama, vol. 3, no. 1, pp. 219–224, 2024, [Online]. Available: https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/kiiies50/issue/archive
[5] T. Juwariyah, M. A. Lukmana, and R. M. B. Wadu, “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Aplikasi Canva untuk Mendesain Label Kemasan Produk Bagi Warga Desa Simpangan Cikarang Utara” Pemberdaya. Masy. Melalui Pelatih. Apl. Canva untuk Mendesain Label Kemasan Prod. Bagi Warga Desa Simpangan Cikarang Utara, vol. 6, no. 3, pp. 529–535, 2023.
[6] A. N. Amini and B. Suswanto, “Pengaruh Aplikasi Canva Terhadap Kreativitas Desain Komunikasi Visual Pada Mahasiswa Magang Sctv 2023,” J. Ilmu Komun., vol. 3, no. 1, pp. 34–47, 2022.
[7] R. Nurpiani, S. R. Anggraeni, and O. Farhurohman, “Penggunaan Media Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar,” Al Madrasah J. Pendidik. Madrasah Ibtidaiya, vol. 8, no. 3, p. 1172, 2024, doi: 10.35931/am.v8i3.3561.
[8] A. P. Syahrir1, S. P. Zahirah2, and U. Salamah3, “Pemanfaatan Aplikasi Desain Grafis Canva dalam Pembelajaran Multimedia di SMA Negeri 1 Taman,” Pros. Semin. Nas., no. 1, pp. 732–742, 2023.
[9] A. M. Romadhoni, “Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Sarana Pembelajaranuntuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar,” urnal Citra Pendidik., vol. 4, no. 1, pp. 1561–1569, 2024, [Online]. Available: https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/article/view/3094/872
[10] S. A. Azzahra, H. Tjiwidjaja, Suharmanto, Febri, and Suhermanto, “Analisis Dampak Pelatihan Canva Terhadap Peningkatan Keterampilan Desain Grafis Peserta,” vol. 4, no. 2, pp. 1192–1197, 2024, doi: [1] S. A. Azzahra, H. Tjiwidjaja, Suharmanto, Febri, and Suhermanto, “Analisis Dampak Pelatihan Canva Terhadap Peningkatan Keterampilan Desain Grafis Peserta,” vol. 4, no. 2, pp. 1192–1197, 2024.