Pendidikan Mitigasi Bencana Berbasis Infografis, Studi di SMK Pancasila, Kubu Raya
DOI:

Abstract
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan siswa SMK Pancasila Kubu Raya, serta masyarakat Desa Sungai Ambangah, terhadap bencana banjir yang kerap melanda wilayah mereka. Program ini melibatkan kegiatan pembuatan peta infografis kawasan banjir dan pelatihan mitigasi bencana banjir di SMK Pancasila, Kubu Raya. Peta infografis ini dirancang untuk menampilkan informasi visual yang mudah dipahami, seperti area rawan banjir, jalur evakuasi, serta lokasi aman, dengan tujuan memberikan edukasi tentang kondisi wilayah dan langkah mitigasi yang diperlukan. Selain itu, disusun pula panduan mitigasi bencana yang memberikan petunjuk langkah-langkah sebelum, selama, dan setelah banjir terjadi. Melalui pelatihan ini, siswa dan masyarakat diajak untuk mengenal risiko banjir secara lebih mendalam dan diberikan bekal keterampilan dalam menanggulangi dampak banjir secara efektif. Program ini diharapkan dapat memperkuat kesiapsiagaan masyarakat, meningkatkan ketahanan wilayah, dan menjadikan SMK Pancasila sebagai model sekolah peduli bencana. Program ini juga berpotensi membuka peluang kolaborasi dengan instansi terkait untuk bantuan sarana, prasarana, dan pengembangan lebih lanjut di masa mendatang.
Downloads
References
[2] Antara News, “Banjir Kubu Raya Terluas Sepanjang Sejarah, 15 Ribu Hektar Terendam,” https://kalbar.antaranews.com/berita/563115/900-orang-di-desa-lingga-di-kubu-raya-terdampak-banjir.
[3] C. Lee, “Infografis: Mempermudah Pemahaman Informasi Melalui Visualisasi Data,” Journal of Visual Communication, vol. 6, no. 3, pp. 45–58, 2014.
[4] A. Bijan, “The effectiveness of infographics as a tool for disaster management and education. Journal of Disaster Management,” Journal of Disaster Management, vol. 8, no. 2, pp. 112–125, 2012.
[5] A. Laskunary and Khoirunisa, “Disaster Mitigation Education: The Role of Schools in Indonesia,” Journal of Education and Disaster Management, vol. 7, no. 2, pp. 45–58, 2014.
[6] C. Nugroho, Ramli Umar, Mithen, Nurlita Pertiwi, and Moh. Ahsan S. Mandra, “Perilaku Spasial Anak Usia Sekolah dalam Mitigasi Bencana Banjir,” JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), vol. 6, no. 9, pp. 7262–7267, Sep. 2023.
[7] L. Qurrotaini, A. A. Putri, A. Susanto, and Sholehuddin, “EDUKASI TANGGAP BENCANA MELALUI SOSIALISASI KEBENCANAAN SEBAGAI PENGETAHUAN ANAK TERHADAP MITIGASI BENCANA BANJIR,” AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 35–42, 2022.
[8] R. Prayesti and et.al, “Understanding the Impact of Disasters on Society: A Comprehensive Review,” Journal of Disaster Research, vol. 15, no. 3, pp. 112–125, 2020.
[9] M. Ahsan, Achmad Room Fitriant, Khoirun Niam, Ries Dyah Fitriyah, and Aslichatul Insiyah, “PKM Sosialisasi Tanggap Bencana dan Pengelolaan Berkelanjutan dalam Upaya Menjaga Wisata Alam di Desa Gosari,” GUYUB: Journal of Community Engagement, vol. 4, no. 3, pp. 461–478, Sep. 2023.