PELATIHAN MANAJEMEN PEMASARAN DAN STRATEGI PADA GURU DAN SISWA SMA NEGERI 13 PEKANBARU

  • Hichmaed Tachta Hinggo S Universitas Muhammadiyah Riau
  • Wan Laura Hardilawati Universitas Muhammadiyah Riau
  • Hammam Zaki Universitas Muhammadiyah Riau
  • Dede Iskandar Siregar Universitas Muhammadiyah Riau
  • Ikhbal Akhmad Universitas Muhammadiyah Riau
  • Intan Diane Binangkit Universitas Muhammadiyah Riau
  • Riky Perdana Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Strategi bisnis, Strategi pemasaran, Merek, Kemasan

Abstract

Usaha kecil dan menengah di Indonesia terus berkembang dengan pesat, terdapat 59,2 juta usaha kecil dan menengah. Meningkatnya jumlah usaha kecil dan menengah ini juga didorong oleh banyaknya peluang  yang ada pada dunia usaha di Indonesia. Jumlah ini tentunya akan terus meningkat, dan peningkatan ini tentunya akan membuat persaingan lebih ketat. Para pelaku usaha akan melakukan berbagai cara atau strategi untuk dapat memenangkan persaingan, pada salah satu cara atau strategi yang paling banyak dan sangat baik adalah melakukan strategi usaha online. Dari data yang dikeluarkan oleh [1] Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), terdapat sebanyak  3,79 juta usaha mikro, kecil, dan menengah yang menggunakan sistem online dalam memasarkan produk yang mereka produksi. Dengan semakin ketatnya persaingan maka butuh perencanaan dan strategi yang tepat untuk melaksanakan usaha. Strategi bisnis dan strategi pemasaran merupakan senjata untuk dapat bersaing dan berkembang dalam usaha atau menjual produk. Strategi pemasaran mencakup pada pemilihan merek dan kemasan yang baik. Pengabdian ini bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada Guru-guru SMA yang sudah dan akan menjalankan usaha mengenai pembuatan strategi bisnis, pemasaran serta pembuatan merek dan kemasan yang baik. Pengabdian ini menggunakan meteode ceramah, diskusi dan tanya jawab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] CNN, “Kemenkop UKM: 3,79 Juta UMKM Sudah Go Online,” 2017. [Online]. Available: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20171115161037-78-255819/kemenkop-ukm-379-juta-umkm-sudah-go-online. . [Accessed: 14-Jul-2018].
[2] F. R. David and S. Carolina, Strategic Management Concepts and Cases. 2011.
[3] P. Kotler, “Marketing management/Philip Kotler, Kevin Lane Keller,” Pearson Educ. Ltd., 2012.
[4] Hardilawati et al., “PELATIHAN PENINGKATAN SEMANGAT WIRAUSAHA PADA GURU SMA DI KOTA PEKANBARU,” vol. 2, no. 1, 2018.
Published
2018-11-23
How to Cite
Hinggo S, H. T., Hardilawati, W. L., Zaki, H., Siregar, D. I., Akhmad, I., Binangkit, I. D., & Perdana, R. (2018). PELATIHAN MANAJEMEN PEMASARAN DAN STRATEGI PADA GURU DAN SISWA SMA NEGERI 13 PEKANBARU. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(2), 28-34. https://doi.org/10.37859/jpumri.v2i2.839
Abstract views: 360 , PDF downloads: 248