Optimalisasi Peningkatan Sarana Belajar dan Skill Leadership melalui Inisiasi Outbound Terpadu di Sekolah Alam Rumbai Pekanbaru

  • Berry Kurnia Vilmala Univeristas Muhammadiyah Riau
  • Ilham Hudi Universitas Muhammadiyah Riau
  • Rahmad Firdaus Universitas Muhammadiyah Riau
  • Wulan Yulianti Nurlatifah Universitas Muhammadiyah Riau
  • Suci Puspita Rini Universitas Muhammadiyah Riau
  • Sunanto Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Outbound, Skill Leadership, Sekolah Alam Rumbai

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan sarana belajar dan keterampilan kepemimpinan (leadership) siswa di Sekolah Alam Rumbai Pekanbaru melalui inisiasi kegiatan outbound terpadu. Sekolah ini memiliki pendekatan pendidikan yang berbasis alam, namun masih membutuhkan pengembangan dalam hal fasilitas belajar dan penguatan soft skills siswa. Program ini dirancang sebagai solusi untuk mengatasi keterbatasan tersebut dengan menyediakan kegiatan outbound yang terstruktur, meliputi pembelajaran berbasis tim, pemecahan masalah, dan pengembangan karakter kepemimpinan. Metode yang digunakan mencakup evaluasi awal sarana belajar, pelatihan outbound bagi siswa, serta monitoring dan evaluasi pasca kegiatan. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah peningkatan kualitas sarana belajar di lingkungan sekolah serta terbentuknya keterampilan kepemimpinan yang lebih baik pada siswa, yang mencakup kemampuan komunikasi, kerjasama tim, dan pengambilan keputusan. Program ini juga diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pengalaman belajar yang interaktif dan kontekstual. Dampaknya diharapkan akan berkelanjutan, memberikan kontribusi terhadap kualitas pendidikan di Sekolah Alam Rumbai dan dapat menjadi model bagi sekolah lain dengan pendekatan serupa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] B. K. Vilmala, A. Hafid, and D. Hamka, “Optimalisasi Leadership dan Sarana Belajar Sebagai Pilar Pendidikan Sekolah Alam Melalui Inisiasi Outbound di Sekolah Alam Rumbai Pekanbaru,” J. Pengabdi. UntukMu NegeRI, vol. 4, no. 1, pp. 17–24, 2020, doi: 10.37859/jpumri.v4i1.1647.
[2] S. Thalia, M. Sit, and Sapri, “Pengaruh Permainan Outbound Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Pada Kelompok B di Bandar Klippa,” J. Raudhah, vol. 06, no. 02, p. 2, 2018.
[3] A. R. H. Bisjoe, “Menjaring Data Dan Informasi Penelitian Melalui Fgd ( Focus Group Discussion ): Belajar Dari Praktik Lapang Achmad Rizal H. Bisjoe,” Info Tek. EBONI, vol. 15, no. 1, pp. 17–28, 2018.
[4] D. Arizal and M. S. P. Nugroho, “Kajian Fasilitas Keamanan pada Arena Outbound Lawu Park sebagai Strategi Pengembangan Nature Extreme Park,” Semin. Ilm. Arsit. III, pp. 334–341, 2022.
[5] H. Wadi, N. Pratiwi, E. Egista, and M. Zubair, “Penguatan Pariwisata Melalui Spot Olahraga Panahan Pasar Pancingan Desa Wisata Hijau Bilebante di Masa Pandemi Covid-19,” J. Pengabdi. Magister Pendidik. IPA, vol. 4, no. 1, 2021, doi: 10.29303/jpmpi.v4i1.605.
[6] L. A. Ramdani and N. Azizah, “Permainan Outbound untuk Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, p. 494, 2019, doi: 10.31004/obsesi.v4i1.407.
Published
2024-11-24
How to Cite
Vilmala, B. K., Ilham Hudi, Rahmad Firdaus, Wulan Yulianti Nurlatifah, Suci Puspita Rini, & Sunanto. (2024). Optimalisasi Peningkatan Sarana Belajar dan Skill Leadership melalui Inisiasi Outbound Terpadu di Sekolah Alam Rumbai Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 8(3), 354-363. https://doi.org/10.37859/jpumri.v8i3.7937
Abstract views: 22 , PDF downloads: 17