Menguasai Google Forms: Pelatihan Bagi Guru Sekolah Menengah Pertama di Banjarmasin
Abstract
Adaptasi perubahan penggunaan metode pembelajaran tradisional ke metode pembelajaran digital sampai saat ini masih menjadi tantangan. Berbagai macam platform pembelajaran digital yang semakin banyak menuntut para guru harus mampu memanfaatkan beberapa diantaranya. Google Forms adalah salah satu platform sederhana yang dapat digunakan untuk proses belajar mengajar. Pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan memastikan guru memahami dan mampu menggunakan Google Forms dengan efektif. Pelatihan ini melibatkan guru-guru di SMA Negeri 24 Banjarmasin. Kegiatan ini adalah bentuk pengabdian kepada masyarakat, khususnya di lingkungan satuan pendidikan untuk meningkatkan kemampuan literasi digital para guru. Kegiatan dilakukan pada bulan Oktober tahun 2022. Melalui pelatihan ini para guru diajarkan bagaimana membuat formulir online dengan beragam pilihan bentuk pertanyaan. Hasilnya guru di sekolah tersebut mampu membuat beragam formulir online sesuai dengan kebutuhan capaian pemebelajaran siswa. Pemanfaataan media pembelajaran ini diharapkan akan terus berkelanjutan dan meluas di antara guru-guru lainnya dan di mata pelajaran lainnya.
Downloads
References
[2] S. Bulan and H. Zainiyati, “Pembelajaran Online Berbasis Media Google Formulir dalam Tanggap Work From Home Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Paser,” SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), vol. 8, pp. 15–34, Aug. 2020, doi: 10.21093/sy.v8i1.2300.
[3] L. W. S. Utami, “Penggunaan Google Form Dalam Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19,” TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, vol. 1, no. 2, pp. 150–156, 2021, doi: https://doi.org/10.51878/teaching.v1i3.453.
[4] D. Mahrunnisya, “Blanded learning di era new normal,” Journal of Social Education, vol. 3, no. 1, pp. 18–24, Jun. 2022, doi: 10.23960/JIPS/v3i1.18-24.
[5] N. Hayati and M. Wijaya, “Pengelolaan Pembelajaran melalui Blanded Learning dalam Meningkatkan Receptive Skill Peserta Didik di Pondok Pesantren,” PALAPA, vol. 6, no. 2, pp. 1–18, Nov. 2018, doi: 10.36088/palapa.v6i2.64.
[6] Ida Uswatun Hasanah, “Blanded Learning: Peningkatkan Motivasi Guru Rumpun PAI dalam Melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh di MA Sunan Pandan Aran,” Jurnal Pendidikan Madrasah, vol. 7, no. 2, pp. 191–200, Nov. 2022, doi: 10.14421/jpm.2022.72.11.
[7] R. Septikasari, R. T. Dewi, S. E. K. Dewi, and R. P. Pertiwi, “Bimbingan Penggunaan Google Form Dalam Pembuatan Soal Bagi Guru Sekolah Dasar,” Jurnal Indonesia Mengabdi, vol. 2, no. 2, pp. 39–45, 2020, Accessed: Aug. 06, 2024. [Online]. Available: https://journal.stkipnurulhuda.a c.id/index.php/JIMi/article/view /1645
[8] D. A. Stiyapranomo, “Peningkatan Hasil Belajar Senam Lantai Menggunakan Metode Demonstrasi dan Penugasan Berbasis Google Formulir,” JSH: Journal of Sport and Health, vol. 3, no. 2, pp. 70–82, Feb. 2023, doi: 10.26486/jsh.v3i2.2965.
[9] R. Saskia, M. Okuda, and B. Cooney, “Utilization of Google From as a Quiz for Learning Fiqh,” Scientechno: Journal of Science and Technology, vol. 2, no. 1, pp. 49–63, Apr. 2023, doi: 10.55849/scientechno.v2i1.45.
[10] I. Yunitasari and A. Sudirman, “The Utilization of Google Form as Learning Media in Statistics Course,” JEES: Journal of English Education Studies, vol. 4, no. 2, pp. 16–24, 2021, [Online]. Available: http://jees.ejournal.id
[11] L. Sun, J. Zhu, and L. Guo, “Internet Teaching Communication Based on Digital Media Technology,” in Proceedings of the 2023 International Conference on Information Education and Artificial Intelligence, New York, NY, USA: ACM, Dec. 2023, pp. 602–605. doi: 10.1145/3660043.3660150.
[12] S. B. Sartika, Suyidno, and Akbar Wiguna, “The Analysis of Students Needed in Digital Teaching Media,” JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 26, no. 1, pp. 44–62, Apr. 2024, doi: 10.21009/jtp.v26i1.40737.
[13] W. A. Werdistira, “Developing Digital Literacy of Learning Media Innovation Based on Local Wisdom for Online Class to Improve Listening and Writing Skills,” Yavana Bhasha : Journal of English Language Education, vol. 6, no. 1, pp. 21–28, Mar. 2023, doi: 10.25078/yb.v6i1.1571.
[14] Menrisal, “Digital Learning Media: Review,” Journal of Digital Learning and Distance Education, vol. 1, no. 4, pp. 131–139, Oct. 2022, doi: 10.56778/jdlde.v1i4.32.