Pendampingan dan Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dimensi Berkebinekaan Global Dengan Tema Suara Demokrasi di SMPN 5 Pangean

  • Putri Adilla Universitas Muhammadiyah Riau
  • Hadi Purwanto Universitas Muhammadiyah Riau
  • Sarwan Sarwan Universitas Muhammadiyah Riau
  • Mutia Risma Universitas Muhammadiyah Riau

Abstract

The implementation of the Pancasila (P5) Student Profile Strengthening Project with the theme "Democratic Voice" at SMPN 5 Pangean aims to introduce and strengthen democratic values among students. In the context of the independent curriculum, which prioritises project-based learning to develop character and skills, this activity integrates democratic principles with practical experience in the general election process. The implementation method consists of a theory session on the concept of democracy and election, followed by a general election simulation, as well as post-activity analysis to ensure student understanding and involvement. The results of the evaluation showed that the students succeeded in understanding and carrying out the election simulation well, without the presence of golput participants, and showed a deep understanding of the democratic process and Pancasila values. This activity has proven to be effective in increasing students' knowledge of democracy and preparing them to actively participate in future elections.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] M. Medina dan R. Fernandes, “Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Suara Demokrasi (Studi Kasus SMAN 7 Padang) Medina,” Naradidik J. Educ. Pedagog., vol. 2, no. 4, hal. 379, 2023, doi: 10.24036/nara.v2i4.176.
[2] A. Salsabila, P. A. M. Rianto, N. Hafizhah, F. V. Hartono, dan S. Wahyuni, “Analisis Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Terhadap Penguatan Karakter Melalui Kegiatan Suara Demokrasi OSIS Di SMP,” Pendek. J. Pendidik. Berkarakter, vol. 7, no. 1, hal. 2–3, 2024, [Daring]. Tersedia pada: http://journal.ummat.ac.id/index.php/pendekar
[3] W. Darmawan dan A. A. Syahrin, “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) Tema Suara Demokrasi dalam Memperkuat Partisipasi Siswa melalui Pemilihan OSIS,” J. Glob. Futur. Kaji. Ilmu Sos. Multidisipliner, vol. 2, no. 2, hal. 106, 2024, doi: 10.59996/globalistik.v2i2.569.
[4] Inggar Saputra dan F. Firdaus, “Penguatan Nasionalisme Millenial Dalam Politik : Studi Kasus Kader Sekolah Penggerak Partisipatif Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia,” Antroposen J. Soc. Stud. Hum., vol. 2, no. 2, hal. 132, 2023, doi: 10.33830/antroposen.v2i2.5582.
[5] Wiwin dan M. A. Alvian, “Eksistensi Bawaslu Dalam Penanganan Pelanggaran Pemilu Pasca Penetapan Hasil Perolehan Suara Secara Nasional,” J. SULTAN Ris. Huk. Tata Negara, vol. 1, no. 1, hal. 24, 2022, [Daring]. Tersedia pada: https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/sultan_htn/article/view/3179
[6] R. C. Dhewy et al., “SOLUSI CERDAS UNTUK PENGELOLAAN SAMPAH PLASTIK MELALUI PELATIHAN ECOBRICK DI DESA JIKEN KECAMATAN TULANGAN,” J. PADI – Pengabdi. Masy. Dosen Indones., vol. 3, hal. 8 & 10, 2020, [Daring]. Tersedia pada: http://ejournal.stkippgri-sidoarjo.ac.id/index.php/jpadi/article/view/145%0Ahttps://ejournal.stkippgri-sidoarjo.ac.id/index.php/jpadi/article/download/145/104
[7] S. T. Diah Safitri, “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Persepsi Korupsi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Kepercayaan Masyarakat Sebagai Variabel Moderating,” Media Akunt. Perpajak., vol. 2, no. 2, hal. 23–33, 2017, [Daring]. Tersedia pada: http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/MAP/article/view/1094
[8] Diah Ayu Saraswati et al., “Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka,” J. Pendidik. Mipa, vol. 12, no. 2, hal. 185–191, 2022, doi: 10.37630/jpm.v12i2.578.
[9] Ananda Shelyna, Matnuh Harpani, dan Nurjannah, “Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Banjarmasin sebagai Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Program PPG Prajabatan,” Prospek, vol. Vol.2, no. Prospek Ii, hal. 171–180, 2023.
[10] F. Moekahar, I. Widiati, dan A. Fitri, “Kampanye Pendidikan Politik Bagi Remaja Di Kota Pekanbaru,” J. Pengabdi. UntukMu …, vol. 8, no. 1, 2024, [Daring]. Tersedia pada: https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/PengabdianUMRI/article/view/5709%0Ahttps://ejurnal.umri.ac.id/index.php/PengabdianUMRI/article/download/5709/2830
[11] U. Riau dan P. P. Sorong, “PEMBELAJARAN PPKn DI PERSEKOLAHAN,” vol. 10, no. 2, hal. 160–168, 2023.
[12] L. Liany, E. A. Jufri, dan M. K. Umardani, “Penyuluhan Pengawasan dan Partisipasi Pemilih Pemula dalam Pemilihan Umum Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK),” J. Balireso J. Pengabdi. pada Masy., vol. 3, no. 1, hal. 63, 2018, [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.umi.ac.id/index.php/balireso/article/view/66/25
Published
2024-11-23
How to Cite
Adilla, P., Hadi Purwanto, Sarwan, S., & Mutia Risma. (2024). Pendampingan dan Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dimensi Berkebinekaan Global Dengan Tema Suara Demokrasi di SMPN 5 Pangean. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 8(3), 332-337. https://doi.org/10.37859/jpumri.v8i3.7831
Abstract views: 25 , PDF downloads: 15