Peningkatan Kompetensi Guru PG dan TK ABA 1 Gedangan Sidoarjo Melalui Pelatihan Pembuatan Media Ajar

  • Novia Ariyanti Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Metatia Intan Mauliana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Uce Indahyanti Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: kompetensi, guru, media pembelajaran

Abstract

Pendidikan anak usia dini adalah tahap awal yang krusial dalam perkembangan anak. Kualitas guru di Playgroup dan TK memegang peranan penting dalam proses perkembangan ini. Meskipun standar kompetensi untuk guru telah ditetapkan, banyak dari mereka yang masih belum memenuhi standar tersebut dalam praktiknya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru Playgroup dan TK ABA 1 Gedangan Sidoarjo dalam menciptakan media pembelajaran inovatif yang dapat memberikan pengalaman yang berarti bagi siswa dan mendukung pencapaian tujuan SDG’s pendidikan berkualitas. Pendekatan yang diterapkan meliputi ceramah, latihan pembuatan media pembelajaran, dan peer teaching dengan menggunakan media yang telah dibuat. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan kompetensi guru dalam pembuatan media pembelajaran yang inovatif serta peningkatan kreativitas guru setelah mengikuti pelatihan.

Kata kunci: kompetensi, guru, media pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] S. Suyanto, Dasar-dasar pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat, 2005.
[2] N. U. Adiningsih, Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Rineka Cipta, 2001.
[3] “STANDAR ISI PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH.” Permendikbudristek No.8 Tahun 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/salinan_Salinan%20Permendikbudristek%20Nomor%208%20tahun%202024%20tentang%20Standar%20Isi%20Pada%20jenjang%20PAUD%20Dikdas%20Dikmen.pdf
[4] Norma Diana Fitri dan Indaria Tri Hariani, “PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE FINGERMATHIC PADA ANAK USIA DINI,” Ed-Humanistics, vol. 4, no. 2, Nov 2019, doi: 10.33752/ed-humanistics.v4i2.564.
[5] M. M. Astriani dan M. A. Alfahnum, “Peningkatan Kompetensi Guru PAUD dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Inovatif,” JUR.PKM, vol. 3, no. 4, hlm. 366, Des 2020, doi: 10.30998/jurnalpkm.v3i4.8151.
[6] R. Andriani dan R. Rasto, “Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa,” JP Manper, vol. 4, no. 1, hlm. 80, Jan 2019, doi: 10.17509/jpm.v4i1.14958.
[7] S. Al Musthafa dan V. Mandailina, “MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA SD MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA,” JCES, vol. 1, no. 1, hlm. 30, Jan 2018, doi: 10.31764/jces.v1i1.71.
[8] Universitas PGRI Silampari, T. J. Hajani Ii, N. Mandasari, dan Universitas PGRI Silampari, “Transformasi Pengajaran: Pelatihan Kreativitas dan Inovasi Guru dalam Era Kurikulum Merdeka,” GS, vol. 4, no. 1, hlm. 13–22, Jan 2024, doi: 10.21776/ub.gramaswara.2024.004.01.02.
Published
2024-12-02
How to Cite
Novia Ariyanti, Metatia Intan Mauliana, & Uce Indahyanti. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru PG dan TK ABA 1 Gedangan Sidoarjo Melalui Pelatihan Pembuatan Media Ajar. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 8(3), 615-619. https://doi.org/10.37859/jpumri.v8i3.7818
Abstract views: 19 , PDF downloads: 12