Pengenalan Extensive Reading Sebagai Upaya Peningkatan Literasi Baca Tulis Bahasa Inggris Kepada Guru-Guru Bahasa Inggris di Waikabubak, Sumba Barat

  • Antonina Anggraini Setiamunadi Universitas Kristen Satya Wacana
  • Yustina Priska Kisnanto Universitas Kristen Satya Wacana
  • Yustinus Calvin Gai Mali Universitas Kristen Satya Wacana
Keywords: Membaca Ekstensif, Literasi, Membaca dan Menulis, Guru

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk memperkenalkan praktik baik membaca ekstensif kepada para guru bahasa Inggris tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebagai upaya untuk meningkatkan literasi membaca dan menulis Bahasa Inggris para siswa di sekolah tempat mereka mengajar di kabupaten Sumba Barat. Kegiatan PkM ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan secara hibrida (tatap muka dan daring) bagi 40 guru bahasa Inggris SMP di Kabupaten Sumba Barat. Ketiga penulis artikel ini menjadi pembicara dalam tiga sesi pelatihan yang berbeda yaitu: pengimplementasian prinsip-prinsip membaca ekstensif ke dalam praktik-praktik pembelajaran dan pengajaran di kelas berdasarkan pengalaman para dosen dan mahasiswa adalah dua (2) sesi yang dibawakan oleh penulis pertama dan kedua, dan satu (1) sesi tentang penggunaan berbagai teknologi untuk mendukung proses pembuatan luaran hasil membaca ekstensif yang disampaikan oleh penulis ketiga. Setiap sesi diakhiri dengan diskusi dan sesi tanya jawab dengan para peserta. Secara keseluruhan, kegiatan PkM ini mendapat respon positif dari peserta pelatihan berupa rencana tindak lanjut dari mereka untuk mengimplementasikan kegiatan membaca ekstensif di sekolah tempat mereka mengajar.

Kata Kunci: Membaca Ekstensif, Literasi, Membaca dan Menulis, Guru

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] M. Cleopatra, S. Sahrazad, A. P. Ati, L. Sandiar, T. Widiarto, and S. Widiyarto, “Penyuluhan Literasi Baca Tulis Pada Siswa SMA,” J. Pengabdi. Untuk Mu NegeRI, vol. 5, no. 1, pp. 115–121, 2021, doi: 10.37859/jpumri.v5i1.2503.
[2] K. Fikri, Y. A. Rahma, A. A. Rahfitra, and S. S. Rahayu, “Perancangan Pembelajaran Bahasa Inggris Online Yang Efektif Untuk Mengembangkan Kemampuan Pedagogis Guru,” J. Pengabdi. Untuk Mu NegeRI, vol. 6, no. 2, pp. 245–249, Nov. 2022, doi: 10.37859/jpumri.v6i2.4153.
[3] UNESCO, “Reading the past , writing the future,” Paris, France, 2017. doi: 10.54675/DGPI6272.
[4] D. Wijayathilake, R. Parrila, T. Inoue, and S. Nag, “Cognitive predictors of word reading in Sinhala,” Read. Writ., no. September, pp. 1–31, 2019, doi: 10.1007/s11145-018-9927-5.
[5] M. J. Ganasan, N. A. Razak, and M. Jamal, “Malaysian high schoolers ’ reading literacy performance : Trends and patterns across states,” Indones. J. Appl. Linguist., vol. 10, no. 1, pp. 161–172, 2020, doi: 10.17509/ijal.v10i1.25031.
[6] Alex, “Pemda Sumba Barat Diharapkan Tingkatkan APBD utk Program Literasi,” www.nttonlinenow.com. [Online]. Available: https://www.nttonlinenow.com/new-2016/2018/07/29/pemda-sumba-barat-diharapkan-tingkatkan-apbd-untuk-program-literasi/
[7] A. Berita, “Tingkatkan Minat Baca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumba Barat Gelar Sosialisasi Budaya dan Literasi,” www.putraindonews.com. Accessed: Jul. 31, 2024. [Online]. Available: https://putraindonews.com/nusantara/tingkatkan-minat-baca-dinas-perpustakaan-dan-kearsipan-sumba-barat-gelar-sosialisasi-budaya-dan-literasi/
[8] N. Sholihat, Muhatir, V. Yolanda, and P. M. Rahmadany, “Meningkatkan Kesadaran Minat Baca dan Motivasi Belajar Melalui Sosialisasi Pojok Baca Pelangi dan Edukasi Pembuatan Media Ajar Digital di SDN 010 Desa Sungai Rambai,” J. Pengabdi. Untuk Mu NegeRI, vol. 8, no. 1, pp. 1–8, 2024, doi: 10.37859/jpumri.v8i1.5783.
[9] D. T. Ragawanti and Y. P. Kisnanto, “Perancangan Pembelajaran Bahasa Inggris Online Yang Efektif Untuk Mengembangkan Kemampuan Pedagogis Guru,” J. Pengabdi. Untuk Mu NegeRI, vol. 6, no. 2, pp. 34–41, 2022, doi: 10.37859/jpumri.v6i2.3794.
[10] D. T. Ragawanti, D. Kurniawan, and J. I. Januardi, “Pelatihan Pembelajaran Berbasis Teks Secara Digital Dalam Kerangka Penerapan Kurikulum Merdeka,” J. Pengabdi. Untuk Mu NegeRI, vol. 8, no. 1, pp. 121–128, 2024, doi: 10.37859/jpumri.v8i1.6827 121.
[11] J. Day, Richard and Bamford, “Top Ten Principles for Teaching Extensive Reading1,” Read. a Foreign Lang., vol. 14, no. 2, pp. 136–141, 2002, [Online]. Available: http://nflrc.hawaii.edu/rfl
[12] H. Tentua, “Benefits of Extensive Reading Class: Students’ Perceptions,” Satya Wacana Christian University, 2019. [Online]. Available: https://repository.uksw.edu/handle/123456789/20672
[13] Y. C. G. Mali, “Pelatihan Daring tentang Pengintegrasian Teknologi dalam Suatu Kelas Bahasa Inggris,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 2, pp. 206–212, 2022, doi: https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v4i2.3122.
[14] Y. C. G. Mali and M. H. Santosa, “Potential of Screencast-O-Matic to Support EFL Teaching and Learning amidst the COVID-19 Pandemic,” Beyond Words, vol. 10, no. 2, pp. 81–90, 2021, doi: https://doi.org/10.33508/bw.v9i2.3360.
Published
2024-11-29
How to Cite
Setiamunadi, A. A., Kisnanto, Y. P., & Mali, Y. C. G. (2024). Pengenalan Extensive Reading Sebagai Upaya Peningkatan Literasi Baca Tulis Bahasa Inggris Kepada Guru-Guru Bahasa Inggris di Waikabubak, Sumba Barat. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 8(3), 546-553. https://doi.org/10.37859/jpumri.v8i3.7601
Abstract views: 4 , PDF downloads: 3