Peningkatan Kompetensi Guru Ma Asy-Syifa Terkait Implementasi Assessment Dalam Kurikulum Merdeka

  • Cepri Maulana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rakhmat Prabowo Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hamdan Ardiansyah
  • Rahma Andriani
  • Viana Maulida
Keywords: Penilaian, Kurikulum Merdeka, Workshop, Guru, Siswa

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan berdasarkan masalah yang dilihat melalui analisis kebutuhan pada MA Asy-Syifa dimana menunjukan bahwa guru-guru di MA Asy-Syifa belum optimal dalam melaksanakan penilaian pada implementasi Kurikulum Merdeka. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para guru MA Asy-Syifa terkait implementasi penilaian dalam Kurikulum Merdeka. Diharapkan dengan adanya pengabdian ini para guru dapat melaksanakan penilaian sesuai dengan capaian pembelajaran dan menyusun penilaian dengan tepat, dengan membuat kisi kisi dan kartu soal sebelum melakukan penilaian.

 

Kata Kunci: Penilaian, Kurikulum Merdeka, Workshop, Guru, Siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansyah, A., Sagita, F., & Juanda, J. (2023). Assesmen dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 8-13.
[2] Fifani, N. A., Safrizal, S., & Fadriati, F. (2023). Analisis Kesulitan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di SD Kota Batusangkar. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(1), 19-27.
[3] Kemendikbud (2022) Kurikulum Merdeka Jadi Jawaban untuk Atasi Krisis Pembelajaran Diakses dari artikel internet https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/02/kurikulum-merdeka-jadi-jawaban-untuk-atasi-krisis-pembelajaran
[4] Nasution, S. W. (2021). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181
[5] Prihatien, Y., Amin, M. S., & Hadi, Y. A. (2023). Analisis Kesulitan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri 02 Janapria. Journal on Education, 6(1), 9232-9244.
[6] Rahayu, S., Rossari, D. V., Wangsanata, S. A., Saputri, N. E., & Saputri, N. D. (2021). Hambatan guru sekolah dasar dalam melaksanakan kurikulum sekolah penggerak dari sisi manajeman waktu dan ruang di era pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 5759-5768.
[7] Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174-7187.
[8] Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. AlMiskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85
[9] Undang Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Published
2024-11-23
How to Cite
Cepri Maulana, Rakhmat Prabowo, Hamdan Ardiansyah, Rahma Andriani, & Viana Maulida. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru Ma Asy-Syifa Terkait Implementasi Assessment Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 8(3), 319-324. https://doi.org/10.37859/jpumri.v8i3.7531
Abstract views: 23 , PDF downloads: 19