Pemanfaatan Teknologi Dalam Pemasaran Produk Tenant Inkubator Bisnis Teknologi LPPM Universitas Muhammadiyah Jambi

Authors

  • Oka Ediansa Jambi
  • Zulfikri Akbar Universitas Muhammadiyah Jambi
  • Saleh Yaakub Universitas Muhammadiyah Jambi
  • Agesha Marsyaf Universitas Muhammadiyah Jambi
  • Iwan Eka Putra Universitas Muhammadiyah Jambi

DOI:

https://doi.org/10.37859/jpumri.v8i2.7430
Keywords: Teknologi, Informasi, UMKM, IBT

Abstract

Di era digital dan teknologi informasi yang terus berkembang pesat, melalui teknologi informasi pelaku usaha UMKM harus bisa mengimbangi perubahan zaman yang mana informasi dengan cepat dan mudah di akses, teknologi telah mengubah aturan dasar pemasaran di dunia yang tradisional menjadi digital marketing, ini menjadi peluang bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produknya dengan memanfaatkan digital. Tujuan Pengabdian ini adalah untuk membantu pelaku UMKM yang merupakan Tenant Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) LPPM UM Jambi. Metode yang
digunakan adalah (1) memberikan pelatihan pemanfaatan teknologi canva dalam membuat desain logo dan kemasan, (2) memberkian pelatihan memanfaatkan teknologi dalam memasarkan produk ke media social, (3) pendampingan kepada mitra untuk memperoleh hasil yang di peroleh dari kegiatan pengabdian (1) mengetahui pemanfaatan teknologi dalam membantuk mendesain logo dan kemasan produk, (2) mengetahui pemanfaatan teknologi dalam memasarkan produk di media social dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Marpaung, A. P., Hafiz, M. S., Koto, M., & Dari, W. (2021, November). Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital Marketing. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1, pp. 294-300).

[2] Purwana ES, Dedi, Rahmi, Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) 1(1). 1–17.

[3] Arumsari, N. R., Lailyah, N., & Rahayu, T. (2022). Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(1), 92-101.

[4] Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2021). Penggunaan digital marketing untuk memperluas pasar dan meningkatkan daya saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42-47.

[5] Fadhilah, D. A., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing.

Downloads

Published

2024-08-31

How to Cite

Ediansa, O., Zulfikri Akbar, Saleh Yaakub, Agesha Marsyaf, & Iwan Eka Putra. (2024). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pemasaran Produk Tenant Inkubator Bisnis Teknologi LPPM Universitas Muhammadiyah Jambi. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 8(2), 263–267. https://doi.org/10.37859/jpumri.v8i2.7430