Pemanfaatan Audio Visual Aids sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris yang Interaktif bagi Siswa-Siswi Kelas 4 di SDN 6 Salatiga

Authors

  • Natania Edeline Triskanto Universitas Kristen Satya Wacana
  • Yustina Priska Kisnanto Universitas Kristen Satya Wacana
  • Yuliana Marshaluneta
  • Axel Willy Kansil
  • Shevanya Natalie

DOI:

https://doi.org/10.37859/jpumri.v8i2.7336

Abstract

Memfasilitasi pembelajaran Bahasa Inggris peserta didik tingkat SD dengan media ajar yang interaktif dan menarik di Indonesia secara umum terkendala oleh keterbatasan kondisi sekolah dan guru. Untuk mengatasi kendala tersebut, SDN 06 Salatiga berkolaborasi dengan tim dosen dan mahasiswa dari Prodi PBI UKSW melalui program “Audio Visual Learning Aids for English Teaching in SDN 06 Salatiga.” Dengan menggunakan metode analisa kebutuhan, program pengabdian ini bertujuan untuk membantu memperlengkapi guru Bahasa Inggris di SDN 06 Salatiga dengan media ajar yang interaktif dan menarik bagi anak-anak, serta mendukung kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris agar lebih efektif dan menyenangkan di konteks sekolah tersebut. Program pengabdian ini terdiri dari tahap persiapan, wawancara, analisa data, perancangan dan pembuatan media ajar, serta evaluasi. Hasil dari program ini berupa pengembangan alat bantu visual interaktif dan materi audio-visual yang disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya belajar siswa di konteks SDN 06 Salatiga. Evaluasi program menunjukkan bahwa alat peraga tersebut diterima dengan baik oleh guru dan siswa, serta memiliki potensi untuk meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam belajar bahasa Inggris. Program ini menekankan pentingnya pengabdian masyarakat dalam bidang pendidikan dan menyoroti potensi universitas untuk berkontribusi pada peningkatan pembelajaran bahasa di sekolah-sekolah Indonesia.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Fitri, Y. (2020). The effect of learning motivation and visual aids on student learning achievement. International Journal of Research and Review (Ijrrjournal. Com), 7(1), 1.
[2] Fitri, Y., Ginting, D., Wirman, S. P., Fitrya, N., Retnawaty, S. F., & Febriani, N. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi GUI Matlab untuk Materi Dinamika Gerak. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(2), 206-210.
[3] Pateşan, M., Balagiu, A., & Alibec, C. (2018, June). Visual aids in language education. In International conference Knowledge-based Organization (Vol. 24, No. 2, pp. 356-361).
[4] Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104-1113.
[5] Widhayanti, A., & Abduh, M. (2021). Penggunaan Media Audiovisual Berbantu Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1652-1657.
[6] Fitri, Y., Gesriantuti, N., Wirman, S. P., Ginting, D., Fitrya, N., Retnawaty, S. F., ... & Lubis, V. (2024). Pendampingan Penggunaan Simulasi Interaktif Phet Bagi Guru Ipa Sma Muhammadiyah 1 Di Kota Pekanbaru Sebagai Solusi Inovatif Pembelajaran Pada Masa Pandemi. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 8(1), 136-143.
[7] Hawanti, S. (2011). Teaching English in Indonesian primary schools: The missing link. Leksika 5(1), 62-69.
[8] Zein, M. S. (2012). The contexts of English language teaching at primary level in Indonesia. Journal of Teaching and Education, 1(3), 85-90.

Downloads

Published

2024-08-31

How to Cite

Triskanto, N. E., Kisnanto, Y. P., Yuliana Marshaluneta, Axel Willy Kansil, & Shevanya Natalie. (2024). Pemanfaatan Audio Visual Aids sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris yang Interaktif bagi Siswa-Siswi Kelas 4 di SDN 6 Salatiga. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 8(2), 280–285. https://doi.org/10.37859/jpumri.v8i2.7336