Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogi Guru MGMP Bahasa Inggris dan Informatika Tingkat SMA Barito Kuala
DOI:

Abstract
Media pembelajaran sebagai salah satu aspek dalam perencanaan pembelajaran harus disiapkan guru dengan optimal sehingga dapat menunjang proses pembelajaran di dalam kelas. Dewasa ini banyak sekali media pembelajaran yang berbasis teknologi, salah satunya Wordwall. Menyadari betapa penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi di kelas, maka tim pengabdian kepada masyarakat dari Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UM Banjarmasin melakukan pengabdian kepada masyarakat yaitu dengan melakukan pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif wordwall yang diikuti oleh 35 Guru dari MGMP Bahasa Inggris dan Informatika Tingkat SMA Barito Kuala. Pada kegiatan tersebut digunakan metode holistik kolaboratif dengan mengintegrasikan teori dan praktik secara komprehensif. Tujuan dari pelatihan tersebut untuk memberikan wawasan dan konsep terkait penggunaan Wordwall serta ilustrasi langkah-langkah implementatifnya dalam proses pembelajaran. Hasil yang dicapai adalah para peserta memahami dan dapat membuat materi pembelajaran dengan mengoptimalisasikan fitur-fitur yang ada di wordwall sehingga mereka memiliki kepercayaan diri dan mempunyai pengalaman dalam mengintegrasikan penggunaan media teknologi dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Sebagai media pembelajaran interaktif, maka optimalisasi penggunaan wordwall perlu dikembangkan sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih optimal bagi pengembangan kompetensi pedagogi guru dan membantu siswa dalam proses pembelajaran di dalam kelas.
Downloads
References
[2] R. Sancar, D. Atal, and D. Deryakulu, “A new framework for teachers’ professional development,” Teaching and teacher education, vol. 101, pp. 103305, 2021.
[3] M. Al Farhan, “A need-based evaluation of microteaching program for high school students: Novice teachers’ viewpoint,” International Social Sciences and Humanities, vol. 2, pp. 125-133, 2023.
[4] A. Arslan, “Pre-service teachers' journey of “teaching” through micro-teaching: A mixed design research,” Egitim ve Bilim, vol. 46, no. 207, 2021.
[5] E. P. Azrai, D. S. Rini, and A. Suryanda, “Micro-teaching in the Digital Industrial Era 4.0: Necessary or not,” Universal Journal of Educational Research, vol. 8, no. 4A, pp. 23-30, 2020.
[6] P. R. B. Enama, “Student teachers' competence in lesson planning during microteaching,” Journal of Teacher Education and Educators, vol. 10, no. 3, pp. 341-368, 2021.
[7] M. M. Richard, “The Impact of Micro Teaching Lessons on Teacher Professional Skills: Some Reflections from South African Student Teachers,” International Journal of Higher Education, vol. 10, no. 2, pp. 164-171, 2021.
[8] F. S. A. Nugraheni, “Learning difficulties in microteaching class: A case study,” AIP Conference Proceedings, vol. 2194, no. 1, pp. 164-171, 2019.
[9] N. Aflahah and H. Nadia, “Exploring EFL Students’ Experience in Developing Daily Lesson Plan for Teaching English for Toddler,” ELLITE: Journal of English Language, Literature, and Teaching, vol. 7, no. 2, pp. 95-99, 2022.
[10] H. Nadia, Y. Yansyah, and T. Murtiningsih, “Pelatihan Pembuatan RPP Menggunakan Metode 4 C’S Bagi Guru-Guru MGMP Bahasa Inggris Kalimantan Selatan,” Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 4, no. 3, pp. 339-346, 2020.
[11] Triana, Y. U. Anggraito, and S. Ridlo, “Effectiveness of environmental change learning tools based on STEM-PjBL towards 4C skills of students,” Journal of Innovative Science Education, vol. 9, no. 2, pp. 181-187, 2020.
[12] L. S. Shulman, “Those Who Understand: Knowledge Growth in Teaching,” Educational Researcher, vol. 15, no. 2, pp. 4-14, 1986.
[13] J. Gess-Newsome et al., “Teacher pedagogical content knowledge, practice, and student achievement,” International Journal of Science Education, vol. 41, no. 7, pp. 944-963, 2019.
[14] L. Shulman, “Knowledge and teaching: Foundations of the new reform,” Harvard educational review, vol. 57, no. 1, pp. 1-23, 1987.
[15] F. Jacob, S. John, and D. M. Gwany, “Teachers’ pedagogical content knowledge and students’ academic achievement: A theoretical overview,” Journal of Global Research in Education and Social Science, vol. 14, no. 2, pp. 14-44, 2020.
[16] R. Asfihana and Y. Yansyah, “Integrating Technological Pedagogical Content Knowledge into Video-Making Activities: Learning from Practice,” Journal of Asia TEFL, vol. 19, no. 1, pp. 345, 2022.
[17] Ä. Leijen, L. Malva, M. Pedaste, and R. Mikser, “What constitutes teachers’ general pedagogical knowledge and how it can be assessed: A literature review,” Teachers and Teaching, vol. 28, no. 2, pp. 206-225, 2022.
[18] I. Seidman, “Interviewing as qualitative research: A guide for researchers in education and the social sciences,” Teachers college press, 2006.