Sosialisasi Pemasaran, Branding, dan Manfaatkan Sosial Media Kembangkan UMKM "Keripik Tempe"
Abstract
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan mahasiswa dalam memberikan pelayanan lintas disiplin ilmu dan sektor kepada masyarakat pada lokasi dan waktu tertentu di Indonesia. Melalui KKN, kami berupaya memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM "Keripik Tempe" di RT. 27 Pagar Ijo Kelurahan Prapatan mengenai pentingnya branding produk melalui media sosial dan internet saat ini. Branding produk memainkan peran vital dalam membangun citra merek untuk membedakannya dari pesaing dan menciptakan kesan positif di benak konsumen. UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian nasional, khususnya dengan rencana pemindahan Ibu Kota Nusantara ke Provinsi Kalimantan. Artikel ini menyoroti kesenjangan pemahaman di masyarakat Kelurahan Prapatan tentang branding produk serta kurang optimalnya pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran. Dengan pemahaman dan pemanfaatan yang lebih baik, diharapkan UMKM dapat bersaing secara global dalam era perkembangan media sosial dan internet yang pesat.
Downloads
References
Idayu, R., Husni, M., & Suhandi, S. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa di Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Banten. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 7(1), 73. https://doi.org/10.35906/jm001.v7i1.729
Ikbal, M., Mustafa, S. W., & Bustami, L. (2018). Peran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Dalam Mengurangi Pengangguran Di Kota Palopo. Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo, 4(1), 35–46. https://doi.org/10.35906/jep01.v4i1.293
Inayah Fikamalina, A. D., Puspitayani, D. F., Mei Shella, D. E., Nugroho, R. H., & Ikaningtyas, M. (2024). Strategi Pemasaran dan Inovasi Produk dalam Keberlanjutan Bisnis: Studi Kasus UMKM di Masa Pandemi. ManBiz: Journal of Management and Business, 3(1), 249–264. https://doi.org/10.47467/manbiz.v3i1.6470
Ita Purnama, Fatihitul Mihrad, Wiwin Sulastri, Ir Saputra, Y. (2024). Pemanfaatan UMKM Pembuatan Tahu Rumahan Melalui Penjualan Media Sosial di Kota Bima, Jatiwangi, 1(3).
Kartini, M. dkk. (2024). Penguatan Kompetensi Karyawan Di Era Digital Marketing Untuk Meningkatkan Produktifitas Usaha Mikro. Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.61132/inber.v2i1.120
Khalidah, H. & P. (2024). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Promosi Produk Usaha Untuk Peningkatan Penjualan Dalam Marketing E-Business. Jurnal Kajian Dan Penalaran Ilmu Manajemen, 2(2), 124–133. https://doi.org/https://doi.org/10.59031/jkpim.v2i2.411 Pemanfaatan
Marpaung, R & Pandia, H. (2024). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Bagi Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Di Bandung Barat. Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31539/intecoms.v7i2.9557
Mutrofin, K., Muhammad, A. N., & Mahmud, M. (2021). Peran Umkm Dalam Mempertahankan Ekonomi Jawa Timur Selama Pandemic Covid – 19. Jurnal Manajemen, 1(2), 1–10.
Nurhayati, N., Kristianti, I., & Permatasari, C. L. (2023). Penggunaan Analisis SWOT dan Uji Litmus dalam Menentukan Strategi Pengelolaan Modal untuk Peningkatan Produksi UMKM Ina Konveksi. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 15(1), 100–116. https://doi.org/10.33059/jseb.v15i1.7817
Triyastuti, M. S., Ndahawali, D. H., & Ondang, H. M. P. (2021). Strategi Pemasaran Produk Ikan Cakalang Asap (Studi Kasus: Ukm Frozen Seas). Pelagicus, 2(2), 107. https://doi.org/10.15578/plgc.v2i2.9727
Wanita, N. (2015). Perkembangan Mikro Kecil dan Menengah di Pasar Manonda Palu. Istiqra, 3(2), 250. https://doi.org/10.24239/istq.v3i2.175.250-279
Yanto, H., Elva, Y., & Mahessa, A. (2020). Modernisasi Bisnis Umkm Dengan Implementasi Teknologi Cloud Di Kota Padang. Jurnal Ipteks Terapan, 14(1), 19–24. Retrieved from https://doi.org/
Zidane, R.M, D. (2024). Peran Dinas Koperasi, Perindustrian, Dan Perdagangan Kota Malang Dalam Pengembangan UMKM Di Kota Malang (Studi Kasus Di Sentra Industri Keripik Tempe Sanan, Kota Malang). Jurnal Respon Publik, 18(2), 93–99.